Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juni 19, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ini Alasan Pentingnya Makan Pisang Sebelum Olahraga

Buah pisang.

Topcareer.id – Pisang adalah salah satu camilan paling populer yang dimakan sebelum olahraga. Tidak hanya instan tetapi juga kaya karbohidrat dan mudah dicerna. Pisang juga sangat bergizi dan mungkin menawarkan manfaat tambahan lainnya untuk kinerja olahraga.

 Jadi, perlukah makan pisang sebelum olahraga? Berikut beberapa alasan mengapa makan pisang sebelum olahraga itu menjadi hal yang penting, melansir laman Healthline.

Tinggi karbohidrat

Pisang merupakan sumber karbohidrat yang baik, dengan sekitar 27 gram karbohidrat dalam 1 buah pisang ukuran sedang. Mengkonsumsi karbohidrat dapat meningkatkan simpanan glikogen, yaitu bentuk glukosa yang disimpan di otot dan hati yang digunakan untuk energi selama berbagai jenis olahraga.

Makan karbohidrat sebelum berolahraga dapat sangat bermanfaat untuk latihan dengan durasi yang lebih lama, seperti bersepeda atau jogging, karena hal itu dapat menunda seberapa cepat tubuhmu harus menggunakan simpanan glikogennya dan meningkatkan kinerja.

Namun, karena relatif tinggi karbohidrat, pisang mungkin tidak ideal sebagai camilan pra-olahraga bagi mereka yang menjalani diet rendah karbohidrat atau ketogenik.

 Sumber energi yang mudah dicerna

Selain menyediakan jumlah karbohidrat yang baik dalam setiap sajian, beberapa jenis karbohidrat dalam pisang adalah serat. Serat dapat membantu memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah, memberi selmu aliran glukosa yang stabil untuk membantumu berolahraga.

Baca juga: Kangen Duduk Di Kursi Dekat Jendela Pesawat? Gadget Ini Bisa Membantu

Pisang matang juga kaya akan karbohidrat sederhana dan rendah lemak, sehingga lebih mudah dicerna daripada banyak makanan lainnya. Untuk alasan ini, pisang bisa menjadi pilihan yang baik sebagai camilan pra-olahraga, karena dapat memberi tubuhmu energi yang tahan lama tanpa membebanimu atau menyebabkan sakit perut.

Kaya kalium

Pisang adalah sumber kalium yang sangat baik dan menyediakan sekitar 10-14% dari nilai harian yang direkomendasikan. Manfaat nutrisi ini bisa dimiliki hanya dalam satu pisang berukuran sedang. Kalium adalah mineral penting yang mengatur tingkat tekanan darah, menjaga fungsi syaraf, dan mengontrol keseimbangan cairan.

Ini juga membantu mendukung kesehatan otot dan kontraksi otot. Faktanya, kadar kalim yang rendah dapat menyebabkan kram otot, yang ditandai dengan kontraksi otot yang tiba-tiba dan menyakitkan.

Mengingat kalium diekskresikan melalui keringat, penting bagi mereka yang aktif secara fisik untuk mengonsumsi banyak makanan dan minuman kaya kalium untuk mengisi elektrolitmu.

Makan pisang sebelum berolahraga dapat membantumu memenuhi kebutuhan kalium untuk meningkatkan fungsi otot dan mencegah kram.

Tinggalkan Balasan