Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Mantap, Neraca Perdagangan Indonesia kembali Surplus

Sumber foto: Imperfectly Perfect Mama

Topcareer.id – Neraca perdagangan Indonesia Desember 2020 kembali surplus, yaitu sebesar USD 2,10 miliar, melanjutkan surplus yang telah terjadi sejak Mei 2020. Dengan perkembangan tersebut, secara keseluruhan tahun 2020 neraca perdagangan surplus sebesar USD 21,74 miliar.

Total angka neraca perdagangan selama 2020 itu jauh lebih tinggi dibandingkan dengan capaian pada tahun 2019 yang mengalami defisit USD 3,59 miliar.

“Bank Indonesia memandang surplus neraca perdagangan tersebut berkontribusi positif dalam menjaga ketahanan eksternal perekonomian Indonesia,” kata Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono dalam keterangan tertulis, Jumat (15/1/2021).

“Ke depan, Bank Indonesia terus memperkuat sinergi kebijakan dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk meningkatkan ketahanan eksternal, termasuk prospek kinerja neraca perdagangan.”

Surplus neraca perdagangan Desember 2020 dipengaruhi terutama oleh neraca perdagangan nonmigas yang kembali surplus. Neraca perdagangan nonmigas Desember 2020 surplus sebesar USD 2,56 miliar, melanjutkan kinerja positif pada bulan sebelumnya yang surplus sebesar USD 2,92 miliar.

Baca juga: Pemerintah Bakal Siapkan Rp 12,06 Triliun Untuk 777.206 Pekerja

Perkembangan ini dipengaruhi oleh peningkatan ekspor nonmigas, terutama pada komoditas lemak dan minyak hewan/nabati, bahan bakar mineral, serta mesin dan perlengkapan elektrik.

Sementara itu, impor nonmigas untuk semua komponen barang meningkat, sejalan dengan aktivitas ekonomi domestik yang berangsur membaik.

Adapun, neraca perdagangan migas masih defisit sebesar USD 0,46 miliar, dipengaruhi oleh peningkatan impor migas yang lebih tinggi dibandingkan dengan peningkatan ekspor migas.**(Feb)

Leave a Reply