Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, Desember 5, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Tetap Sehat meski Hobi Ngemil

Ilustrasi: FlexJobsIlustrasi: FlexJobs

Topcareer.id – Makanan ringan atau camilan sering kita dambakan, baik saat santai maupun dalam kondisi kerja yang penuh fokus diri. Istilah “makanan ringan” sering digunakan untuk merujuk pada makanan yang diproses dan berkalori tinggi seperti keripik dan kue.

Kalau menurut Healthline, ngemil adalah saat kamu mengonsumsi makanan atau minuman di antara waktu makan utamamu yang biasa. Namun, ngemil berarti makan atau minum di antara waktu makan, terlepas dari apakah makanan itu sehat.

“Kelaparan adalah motivasi utama di balik ngemil, tetapi faktor-faktor seperti lokasi, lingkungan sosial, waktu, dan ketersediaan makanan juga berkontribusi. Faktanya, orang sering ngemil ketika sedang ada makanan yang menggugah selera, bahkan saat mereka sedang tidak lapar,” tulis Healthline.

Dalam sebuah penelitian, ketika orang dengan obesitas atau kelebihan berat badan ditanyai mengapa mereka memilih camilan yang tidak sehat, tanggapan yang paling umum adalah godaan, diikuti rasa lapar dan tingkat energi yang rendah.

Baca juga: Jangan Takut, Pesawat Masih Jadi Moda Transportasi Paling Aman

Tips ngemil sehat

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari camilanmu, ikuti pedoman berikut yang disarankan Healthline:

Jumlah makan

Secara umum, yang terbaik adalah makan camilan yang menyediakan sekitar 200 kalori dan setidaknya 10 gram protein untuk membantumu tetap kenyang hingga waktu makan berikutnya.

Frekuensi

Jumlah camilanmu bervariasi berdasarkan tingkat aktivitas dan ukuran makananmu. Jika kamu sangat aktif, kamu dapat memilih 2–3 camilan per hari, sementara orang yang tidak banyak bergerak bisa ngemil dengan 1 atau tanpa camilan.

Portabilitas

Bawalah makanan ringan portabel (mudah dibawa ke mana saja) saat kamu keluar melakukan tugas atau bepergian jika memang kelaparan.

Camilan yang harus dihindari

Camilan olahan dan tinggi gula dapat memberimu sentakan energi singkat, tetapi kamu mungkin akan merasa lebih lapar satu atau dua jam kemudian.

Camilan sehat untuk dimakan

Meskipun banyak makanan ringan dan bar kemasan tersedia, memilih makanan utuh yang bergizi adalah yang terbaik. Sebaiknya sertakan sumber protein dalam camilanmu.

Misalnya, keju cottage dan telur rebus telah terbukti membuatmu kenyang selama berjam-jam. Selain itu, camilan berserat tinggi seperti almond dan kacang dapat mengurangi nafsu makan dan jumlah makanan yang kamu makan pada waktu makan berikutnya. Berikut beberapa ide camilan sehat lainnya:

  • string cheese
  • irisan sayuran segar
  • biji bunga matahari
  • buah dengan keju lembut

Tinggalkan Balasan