Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, February 26, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Ini yang Bisa Dilakukan Pasien COVID-19 untuk Kuatkan Sistem Pernapasan

Ilustrasi

Topcareer.id –Bagi pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri (isoman), dianjurkan tetap melakukan aktivitas olahraga untuk memulihkan kondisi. Pasien juga dianjurkan melakukan kegiatan yang bisa menguatkan sistem pernapasan.

Konsultan Rehabilitasi Respirasi yang juga Ketua KSM Rehabilitasi Medik RSUP Persahabatan, dr. Siti Chandra Widjanantie menyampaikan beberapa hal yang bisa dilakukan pasien COVID-19 untuk meningkatkan kembali fungsi paru-paru saat isolasi mandiri.

“Rutin bersihkan hidung atau cuci hidung itu ya. Lalu latihan mandiri untuk pernapasan, latihannya bisa dicek di Youtube RSUP Persahabatan. Prinsipnya adalah tarik napas maksimal karena pengembangan dada harus maksimal,” kata Siti Chandra dalam talkshow berjudul “Kupas Tuntas COVID-19 dan Paru-Paru” pada Kamis (21/1/2021).

Ia menambahkan, hal selanjutnya yang bisa dilakukan, yakni menjaga postur tubuh. Karena, menurut Chandra, orang yang terinfeksi COVID-19 tidak semuanya memiliki postur paru-paru yang baik atau kerangka paru yang baik. “Itu modal,” ujarnya.  

Ia menjelaskan bahwa ada suatu sangkar di dalam dada, sangkar itu jika orangnya memiliki postur tubuh bungkuk, otomatis tidak bisa mengembang dengan baik. Begitu pula jika postur tubuh bengkok, maka tidak bisa mengembang dengan baik.

“Yang di rumah kesempatan kalau tadinya tidak sempat olahraga mungkin bisa saat ini berolahraga dengan baik. Perbaiki posturnya, pernapasannya terutama, tarik napasnya diperpanjang, supaya kapasitas parunya untuk menarik lebih baik,” ujar Chandra.  

Jadi, kata dia, kalau nanti ada perburukan dalam infeksi COVID-19 atau lainnya, maka bisa diantisiapasi lebi awal. Menurutnya, olahraga apapun bisa dilakukan untuk memperbaiki fungsi paru-paru,  karena prinsipnya adalah tarik napas harus lebih panjang.

“Ini mengembangkan paru, karena masalahnya restriksi, parunya susah mengembang. Dan itu yang membuat panjang dampak setelah covidnya. Dampak Covid jadi mudah lelah karena parunya terlanjur tidak mengembang dengan baik. Stretching dulu sebelum olahraga.”

Ia menganjurkan untuk rutin melakukan latihan pernapasan, olahraga, termasuk dalam memperbaiki postur tubuh.

Leave a Reply