Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Juni 25, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Fantastis! Cover Buku Petualangan Tintin ‘The Blue Lotus’ Terjual Rp 55 Miliar

Topcareer.id – Lukisan langka Tintin yang dibuat oleh kartunis Belgia Hergé terjual dengan rekor harga US $ 3,9 juta atau sekitar Rp 55 miliar di rumah lelang Paris Artcurial pada Kamis (14/1).

Lukisan ilustrasi tahun 1936 tersebut dimaksudkan untuk sampul buku Tintin yang kelima “The Blue Lotus.” Memperlihatkan pahlawan muda Tintin yang bersembunyi dengan anjingnya Snowy di dalam vas porselen besar. Digambar menggunakan guas, tinta, dan cat air oleh Hergé.

Namun akhirnya ditolak sebagai sampul buku karena akan mahal untuk mereproduksi, kata rumah lelang dalam siaran pers saat menjelaskan sejarah lukisan cover buku tersebut menjelang sesi penjualan.

Baca Juga: Lelang Sepatu Nike Milik Michael Jordan, Laku 8 Miliar

Blue Lotus diperkirakan akan terjual antara US $ 2,7 juta dan US $ 3,4 juta, tetapi akhirnya terjual seharga US $ 3,9 juta termasuk biaya lain-lain. Ini menjadi rekor lelang dunia baik untuk karya Hergé dan untuk karya komik asli.

“Berkat karakteristiknya yang unik, karya seni kesembilan ini layak mendapatkan rekor dunia ini dan menegaskan kesehatan pasar komik strip yang sangat baik,” kata Eric Leroy, pakar komik di Artcurial, dalam siaran pers setelah penjualan.

“Lukisan ini sangat langka karena belum pernah ada di pasar swasta sebelumnya. Lukisan ini pernah ditampilkan di museum Hergé dan dalam pameran seri buku komik Tintin 1988, tetapi tidak pernah dipamerkan secara pribadi sebelumnya,” katanya kepada CNN.

“Lukisan itu juga terinspirasi oleh teman Hergé, Chong, yang dia temui pada tahun 1935 di Brussel,” Leroy menjelaskan. Chong menggambarkan negara asalnya China, yang memengaruhi cerita dan karya seni Blue Lotus.

Hergé yang bernama asli Georges Remi menciptakan karakter Tintin di tahun 1920-an. Kisah-kisah Tintin hasil karyanya telah diterjemahkan ke dalam lusinan bahasa, dan diadaptasi untuk radio, televisi, film, teater, dan permainan video.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan