Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, February 26, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Kenapa 25 Relawan Uji Klinis Vaksin bisa Terinfeksi Virus Corona?

Ilustrasi. Dok/Pixabay

Topcareer.id – Guru Besar Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad) sekaligus Ketua tim riset uji klinis fase III vaksin Covid-19, Kusnandi Rusmil membeberkan alasan mengenai 25 orang relawan uji coba vaksin yang dinyatakan positif Covid-19.

“Terpaparnya sejumlah relawan di Bandung pasca-penyuntikan merupakan hal wajar. Ini disebabkan, para relawan tetap diperbolehkan beraktivitas seperti biasa, sehingga kemungkinan untuk bertemu orang yang terpapar Covid-19 sangat besar,” ujarnya dikutip dari unpad.ac.id pada Jumat (22/1/2021).

Pada kesempatan tersebut, Prof Kusnandi juga menegaskan bahwa dari 25 relawan tersebut, 18 orang menjadi penerima plasebo atau vaksin kosong dan 7 orang sisanya adalah penerima vaksin.

Menurutnya dengan kejadian tersebut justru membantu tim peneliti menghitung angka efikasi atau tingkat kemampuan vaksin dalam mencegah penyakit dari penerima vaksin maupun plasebo.

“Kan kita meneliti supaya tahu, manjur tidak vaksinnya. Karena itu, uji klinis dilakukan untuk mengetahui berapa relawan yang sakit, sehingga efikasi vaksin dapat ditentukan,” pungkasnya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply