Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juni 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Agar Efektif dan Manjur, Setiap Orang Butuh 2 Kali Dosis Penyuntikan

Dok/Shutterstock

Topcareer.id – Saat ini diketahui ada beberapa tenaga kesehatan maupun pejabat publik yang tetap terinfeksi virus corona, meski telah menerima vaksin Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmidzi mengatakan bahwa kejadian ini memang bisa terjadi karena vaksin Covid-19 ini baru bekerja secara efektif setelah disuntikkan sebanyak 2 kali dalam kurun waktu tertentu ke tubuh seseorang.

“Vaksinasi Covid-19 membutuhkan 2 kali dosis penyuntikan. Suntikan pertama dilakukan untuk memicu respons kekebalan awal. Dan suntikan kedua berfungsi sebagai booster untuk membentuk antibodi secara optimal dan imunitas. Ini baru akan terbentuk secara baik setelah 3 minggu suntikan kedua,” tutur Nadia, Jumat (22/1/2021).

Yang perlu dipahami, meski kita sudah divaksinasi Covid-19, namun masih ada risiko terpapar virus virus corona, terutama jika kita tidak menjalankan protokol kesehatan. Salah satunya 3M (memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan).

“Dengan adanya vaksinasi semua masyarakat masih punya kewajiban untuk menjalankan protokol kesehatan karena selain tetap harus menjaga diri juga masih butuh waktu bersama-sama bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk bisa mencapai kekebalan kelompok,” pungkas Nadia.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan