Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Moderna Yakin Vaksinnya Mampu Melawan Virus Corona Strain Baru

Moderna. Sumber foto: getty images

Topcareer.id – Moderna Inc mengatakan pada hari Senin (25/1) bahwa mereka yakin vaksin COVID-19 buatan mereka bisa melindungi diri terhadap strain baru virus corona yang ditemukan di Inggris dan Afrika Selatan.

Perusahaan mengatakan dalam rilis persnya bahwa mereka tidak menemukan pengurangan dalam respon antibodi terhadap varian baru yang ditemukan di Inggris. Terhadap varian Afrika Selatan, Moderna menemukan respons yang berkurang tetapi masih yakin rejimen dua dosisnya akan memberikan perlindungan.

Munculnya varian baru di Inggris, Afrika Selatan, dan Brasil telah menimbulkan kekhawatiran bahwa mutasi pada virus dapat membuat vaksin menjadi kurang efektif.

Moderna mengatakan sedang melihat apakah suntikan penguat baik dari vaksin yang ada atau dari suntikan baru yang dirancang untuk melindungi terhadap varian Afrika Selatan dapat tersedia di masa depan.

“Virus tidak akan berhenti,” kata Presiden Moderna Stephen Hoge. “Sementara strain saat ini tampaknya terlindungi dengan baik oleh COVID-19. Penting bagi kami untuk tetap waspada dan mengembangkan alat potensial serta tindakan pencegahan untuk terus mengalahkan pandemi.” Tambahnya.

Baca juga: Sekitar 250 Ribu Tenaga Kesehatan Sudah Disuntik Vaksin COVID-19

Moderna berharap vaksinnya saat ini akan tetap protektif setidaknya selama satu tahun setelah menyelesaikan dua dosis.

Analis Jefferies Michael Yee mengatakan dalam catatan penelitiannya, hal itu menggembirakan bahwa respons antibodi vaksin Moderna terhadap varian Afrika Selatan masih di atas level yang memberikan perlindungan.

Yee juga mengatakan kecepatan Moderna dalam merancang kandidat booster shot baru adalah bukti fleksibilitas teknologi mRNA baru yang menjadi dasarnya.

Dr. Paul Offit, pakar penyakit menular di Universitas Pennsylvania dan anggota panel penasehat vaksin Badan Pengawas Obat dan Makanan AS, mengatakan bahwa dia hanya khawatir bahwa vaksin tidak akan melindungi terhadap varian tersebut.

“Agak mengkhawatirkan bahwa Anda melihat respons antibodi penetral yang lebih rendah, tetapi itu tidak berarti bahwa Anda tidak terlindungi.” Kata Offit.

Pfizer Inc dan BioNTech SE juga mengatakan tes menunjukkan vaksin mereka efektif terhadap varian yang ditemukan di Inggris, tetapi belum mengungkapkan hasil terhadap varian Afrika Selatan.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply