Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, April 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Hoaks: Air Kelapa dapat Menangkal Racun usai Divaksin

Buah kelapa. (pexels)

Topcareer.id – Saat ini media sosial dan aplikasi pesan singkat WhatsApp dipenuhi dengan ajakan untuk meminum air kelapa setelah penyuntikan vaksin covid-19. Hal itu dipercaya dapat menangkal racun-racun yang ada di dalam vaksin tersebut.

Namun, isu ini ditepis oleh juru bicara program vaksinasi Covid-19, Lucia Rizka Andalusia. Menurutnya vaksin Covid-19 tidak mengandung racun karena virus yang ada dalam vaksin sudah dimatikan, dan hanya diperuntukkan untuk merangsang pembentukan antibodi.

“Hal tersebut tidak benar, karena vaksin ini bukan racun. Vaksin ini dari virus yang sudah dimatikan yang dapat merangsang pembentukan antibodi setelah disuntikkan,” ungkap Lucia dilansir dari laman covid.19.go.id, pada Kamis (29/1/2021).

Wanita yang sekaligus menjabat sebagai Direktur Registrasi Obat Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) juga menegaskan bahwa vaksin dan air kelapa tidak akan berhubungan.

Baca juga: Menko Airlangga Sebut Pertumbuhan Ekonomi 2021 Pada Kisaran 4,5-5,5 %

“Vaksin yang disuntikkan akan masuk ke otot lengan sedangkan air kelapa akan masuk ke lambung,” tambahnya.

Bahkan menurut Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi mengungkapkan, hingga saat ini belum ada penelitian yang bisa membuktikan jika air kelapa dapat menetralkan racun.

“Air kelapa hanya dapat meringankan gejala keracunan makanan, bukan menetralkan racun. Seseorang yang keracunan perlu perawatan medis lebih lanjut,” pungkasnya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan