Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, April 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Tips Hadapi Pandemi Covid-19 bagi Penderita OCD

OCD. Sumber foto: Medical News Today

Topcareer.id – Hampir setahun ini, Pandemi COVID-19 telah memaksa kita untuk mengisolasi diri dari orang lain, dan mengubah beberapa perilaku sosial yang terbiasa kita miliki.

Bagi mereka yang menderita obsessive compulsive disorder (OCD) dan kondisi terkait, dampak dari pandemi bisa sangat menantang.

“Secara umum, individu dengan kecemasan, OCD dan kondisi kejiwaan lainnya harus berjuang keras selama pandemi ini,” kata Dr. Eric Storch, psikolog di Baylor College of Medicine.

Ya, berurusan dengan konflik dan stres yang diakibatkan pandemi dapat memperburuk gejala OCD. Konflik-konflik semacam ini bisa menjadi titik pemicu yang cukup berbahaya.

Oleh karena itu, Storch mengimbau agar masyarakat mau menghormati batasan saat melakukan pertemuan, berdiskusi, atau saat melakukan hal-hal lainnya yang terbentur dengan aturan selama pandemi.

OCD sendiri biasanya ditandai dengan pikiran berlebihan dan ketakutan yang tidak masuk akal (obsesi), yang mengarah pada perilaku kompulsif.

Baca juga: Pria Atau Wanita? Studi Ini Jawab Siapa Yang Lebih Baik Dalam Kolaborasi Kerja

Seperti dikutip dari Baylor College of Medicine, Storch membagikan saran dan pengingat berikut bagi penderita OCD:

  • Lakukan percakapan tentang apa yang orang lain hadapi saat berurusan dengan masalah keselamatan. Ini bisa mengingatkan jika kamu tidak sendirian menghadapi hal ini.
  • Terlibat dalam dialog tentang apa yang kamu yakini terbaik untuk diri kamu.
  • Tanyakan pada dirimu sendiri, apa yang sebenarnya ingin kamu capai di sini? Terkadang, pendekatan terbaik adalah mundur selangkah.
  • Kamu memiliki hak atas opini dan perspektif yang kamu miliki. Jika seseorang tidak setuju denganmu, itu adalah pilihannya, dan itu tidak apa-apa.

Selain dengan cara di atas, memanfaatkan keberadaan fitur konsultasi jarak jauh dengan profesional juga akan membantu kamu mengelola gejala OCD, tanpa harus mengambil risiko dengan keluar dari rumah.

Tak hanya itu, melakukan perawatan diri seperti makan dengan baik, tidur teratur dan berolahraga dipercaya bisa membuatmu merasa lebih baik.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan