Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, April 18, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Waspadai Perubahan Warna Lidah, Gejala Baru Covid-19

Virus corona COVID-19. (ilustrasi: pexels)

Topcareer.id-Pasien yang terinfeksi virus corona terus menunjukan gejala-gejala baru, salah satunya adalah Covid Tongue. Dimana terjadinya perubahan karakteristik seperti perubahan warna, bentuk, kondisi permukaan lidah, serta rasa nyeri di bagian lidah.

Meskipun begitu Dokter Spesialis Telinga, Hidung, Tenggorokan, dan Kepala Leher (THT-KL) Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM, Anton Sony Wibowo pun mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada banyak data terkait Covid Tongue ini.

“Beberapa penelitian di luar negeri masih terbatas pada laporan kasus dan penelitian retrospektif menunjukkan adanya perubahan pada lidah yg signifikan. Laporan penelitian ini perlu ditambahkan dengan penelitian lain yang lebih kuat evidencenya,” ujarnya seperti dilansir dari ugm.ac.id pada jumat (29/1/2021).

Baca Juga: Waspada. Ini Gejala Lain dari COVID-19 Strain Baru

Berdasarkan data yang ia ketahui, laporan penelitian retrospektif di China menunjukan pasien Covid-19 dengan gejala ringan, sedang, dan berat memiliki permasalahan lidah yang berbeda.

“Pada gejala yang ringan hingga sedang warna lidah cenderung merah dengan permukaan putih. Sedangkan pada pasien Covid-19 gejala berat warna lidah cenderung pucat dengan permukaan kekuningan. Disamping itu, turut disertai dengan rasa nyeri pada pasien dengan gejala sedang hingga berat,” jelasnya.

Menurutnya Covid Tounge ini juga dapat menyebabkan dysgesia atau perubahan sensasi perasa lidah. Bahkan rasa nyeri pada lidah yang timbul akibat Covid Tongue ini, akan memengaruhi nafsu makan para pasien Covid-19.**(RW)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan