Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, April 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Benarkah Sembuh dari Covid-19 Jadi Kebal dengan Sendirinya?

Topcareer.id- Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito menegaskan bahwa tidak benar herd immunity (kekebalan komunitas) dapat dicapai dengan membiarkan orang yang terkena Covid-19 sembuh sendiri.

“Membiarkan orang sakit menjadi kebal dengan sendirinya, adalah keliru. Hal ini telah ditegaskan World Health Organization (WHO) sejak Oktober 2020,” kata Prof Wiku di Gedung BNPB, Kamis (28/1/2021).

Menurutnya herd immunity yang dimaksud WHO didapat dari program vaksinasi ketika masyarakat di suatu daerah tertentu, dapat terlindungi ketika sebagian besar populasinya telah divaksin.

“Kami tegaskan, bahwa kekebalan komunitas dapat terbentuk dengan melindungi populasi dari virus, bukan dengan sengaja membiarkannya,” tambahnya.

Baca Juga: Begini Cara COVID-19 Merusak Sistem Kekebalan Tubuh Manusia

Sebagai contoh dalam suatu kelompok ada beberapa orang yang mendapat vaksin covid-19. Nantinya cairan ini akan membentuk kekebalan spesifik terhadap virus corona.

Jadi ketika suatu saat, ada virus corona memasuki tubuh orang yang telah divaksin, sistem imun tubuhnya telah siap melawan virus tersebut, sehingga virus ini mati dan tidak sampai menyebabkan penyakit covid-19. Dengan begitu, virus juga tidak bisa menyebar ke orang lain.

Bayangkan bila dalam waktu yang bersamaan, hampir semua orang dalam suatu kelompok yang sama dengan orang tadi juga memiliki kekebalan terhadap virus yang sama. Tentunya kemungkinan penularan akan semakin kecil bukan?**(RW)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan