Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, April 18, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

ITS Ciptakan PETIS, Apa Itu?

Topcareer.id – Selama pandemi ini, penting untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah beraktivitas atau memegang sesuatu.

Oleh sebab itu, Departemen Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menciptakan alat pencuci tangan otomatis yang diberi nama PETIS.

Meskipun memiliki cara kerja yang hampir sama dengan pencuci tangan portable yang ada saat ini beredar di tengah masyarakat. Namun, Koordinator Tim pengabdian kepada masyarakat (Abmas), Chairul Bahy mengatakan PETIS ini memiliki beberapa keunggulan.

“Terdapat beberapa tambahan fitur teknologi seperti wastafel otomatis, sabun otomatis, thermogun yang akan memberikan hasil suhu tubuh dan terhubung dengan speaker. Serta terdapat water censor detector yang akan memberikan pemberitahuan jika air pada tandon akan habis,” ujarnya pada Jumat (29/1/2021).

Chairul pun berharap alat ini dapat mengurangi penyebaran virus dan dapat menurunkan angka kasus Covid-19.

Sebagai tahap awal, PETIS ini ditempatkan di Pasar Wonokromo, Surabaya. Tempat tersebut dipilih karena menjadi salah satu aspek ekonomi yang penting dalam menunjang kehidupan sehari-hari di masyarakat, karena pasar menjadi tempat umum yang akan terus menghasilkan berbagai interaksi antara masyarakat sekitar.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan