Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, April 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Perekonomian Taiwan Lampaui China untuk Pertama Kalinya dalam 30 Tahun

Sumber foto: Travellers ChoiceSumber foto: Travellers Choice

Topcareer.id – Taiwan secara tak terduga menjadi ekonomi dengan performa terbaik di Asia pada tahun lalu, dan bahkan mengalahkan China untuk pertama kalinya dalam 30 tahun. Itu terjadi karena Taiwan menerima permintaan global yang kuat untuk ekspor teknologi, melebihi pukulan pandemi Covid-19.

Mengutip CNBC, ekonomi Taiwan tumbuh 2,98% pada tahun 2020 dibandingkan dengan tahun lalu, perkiraan sebelumnya oleh kantor statistik pulau itu menunjukkan pada hari Jumat.

Angka ini mengalahkan perkiraan 2,58% oleh bank sentralnya dan mengalahkan pertumbuhan Vietnam 2,9%. Beberapa ekonom telah memperkirakan Vietnam akan menjadi ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di Asia pada 2020.

Ekspansi Taiwan tahun lalu juga lebih tinggi dari pertumbuhan China 2,3% setahun penuh pada tahun 2020. Taiwan terakhir mampu melampaui tetangga raksasanya pada tahun 1990, ketika pertumbuhan 5,5% mengalahkan China 3,9%, data resmi dari kedua belah pihak menunjukkan.

“2020 telah menjadi tahun rekor bagi Taiwan, dan kami berharap bintang itu terus bersinar,” tulis Angela Hsieh, seorang ekonom di bank Inggris Barclays, dalam laporan Jumat setelah Taiwan merilis angka tersebut.

Baca juga: New Zealand Dan Vietnam Peringkat Teratas Tangani COVID-19. Indonesia Nomor Berapa?

Menurut Hsieh, kekuatan ekspor pulau itu pada paruh kedua tahun lalu – terutama semikonduktor – membantu ekonomi dengan mudah mengimbangi hambatan apa pun dari pandemi.

Ekonom tersebut menaikkan perkiraannya untuk pertumbuhan Taiwan 2021 sebesar 1,2 poin persentase menjadi 5,2% – jauh lebih tinggi daripada proyeksi resmi sebesar 3,83%.

Taiwan juga relatif sukses dalam menahan penyebaran Covid-19, memungkinkan ekonominya menghindari penguncian ketat yang dialami oleh negara lain secara global. Pada Minggu, pulau itu melaporkan 911 infeksi yang dikonfirmasi dan delapan kematian, menurut Pusat Pengendalian Penyakit Taiwan.**(Feb)

Tinggalkan Balasan