Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juni 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Belanja saat Pandemi, Hindari 5 Kebiasaan Ini

Sumber foto: Reader's Digest

Topcareer.id – Gajian tiba, hasrat untuk berbelanja pun muncul. Selain untuk memenuhi kebutuhan, kegiatan semacam ini pun banyak dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengurangi stres.

Namun, di tengah pandemi seperti sekarang ini, ada baiknya untuk sedikit mengerem kebiasaan kita, dan lebih banyak menyimpan uang untuk berjaga-jaga apabila ada hal yang terduga di kemudian hari.

Nah, jika kamu setuju dengan hal itu, ada beberapa kebiasaan yang bisa kamu tinggalkan. Berikut 5 di antaranya:

Mengejar harga termurah

Meski terasa berbanding terbalik dengan apa yang dijelaskan di atas, namun kebiasaan untuk mencari barang dengan harga termurah harus perlahan kita sesuaikan.

Barang-barang dengan harga paling murah, terkadang menyelipkan kekecewaan yang memaksa kita untuk membeli lagi barang dengan kualitas yang lebih baik.

Ini malah bikin kita rugi bukan? Jadi, jika kamu dapat barang paling murah, usahakan untuk memastikan fungsi dan kualitasnya tetap sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

Tidak mengecek label harga

Jika biasanya kamu membeli barang tanpa mengecek harga, mungkin ada baiknya untuk sedikit memberi perhatian pada hal itu.

Ya, selain untuk menghindari perasaan syok saat membayar di kasir, kebiasaan ini juga akan memberikanmu kontrol yang baik pada pemakaian uangmu dalam setiap harinya.

Datang ke Toko tanpa tahu apa yang ingin dibeli

Sikap seperti ini berisiko untuk berakhir dengan sekantung belanjaan yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

Karena itu, cobalah untuk membuat catatan kecil tentang apa yang ingin kamu beli, dan setialah pada hal itu.

Tidak paham dengan apa yang kamu beli

Jangan cuma mengandalkan keajaiban dengan mantra ‘katanya.’ Lakukanlah riset kecil sebelum kamu memutuskan untuk membeli sesuatu.

Semakin kamu paham dengan apa yang kamu beli, maka akan semakin berkualitas isi kantong belanjaanmu.

Jangan tergiur diskon

Ingat, diskon bukan berarti harus dibeli. Apalagi kalau barang yang dijual adalah sesuatu yang tidak terlalu kamu butuhkan, atau kamu masih memilikinya di rumah.

Lebih baik, bertahanlah pada 4 kebiasaan baru yang kamu pelajari di atas, dan simpan uangmu untuk hal yang lebih penting.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan