Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juni 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Catat, Hari Ini Pemerintah Mulai Lakukan Vaksinasi Covid untuk Lansia

Ilustrasi. (dok. Shutterstock)

Topcareer.id – Hari ini pemerintah bakal melakukan vaksinasi Covid-19 bagi tenaga kesehatan yang masuk ke kelompok usia lanjut (Lansia) untuk pertama kalinya.

Kebijakan ini diambil setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) secara resmi telah mengeluarkan izin penggunaan vaksin Covid-19 dari Sinovac bagi kelompok usia di atas 60 tahun.

“Vaksinasi perdana bagi tenaga kesehatan berusia di atas 60 tahun akan dilaksanakan Senin 8 Februari 2021, pukul 09.00 WIB. Tenaga kesehatan berusia di atas 60 tahun yang akan divaksinasi total berjumlah 11.600 orang di seluruh Indonesia,” ujar Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, Minggu (7/2/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Menkes juga menegaskan akan melakukan vaksinasi kepada lansia kategori non-nakes secara paralel. Hal ini merujuk pada data yang mengatakan bahwa sekitar 10% populasi Indonesia berada dalam kelompok lansia, dan 50% lebih kematian akibat Covid-19 terjadi pada kelompok ini.

Baca juga: Hindari Penggunaan Pereda Nyeri Preventif sebelum Disuntik Vaksin COVID-19

“Pemberian vaksinasi kepada lansia dapat menekan kematian dan juga mengurangi tekanan terhadap Rumah Sakit dengan harapan angka rawat inap dan Bed Occupancy Ratio dapat turun,” jelasnya.

Diketahui dalam implimentasinya, ribuan lansia ini akan menerima vaksinasi dalam dua dosis dengan selang waktu 28 hari.

Dosis pertama berfungsi untuk mengenalkan inactivated virus ke tubuh sehingga vaksin dapat bekerja sama dengan tubuh untuk membentuk antibodi baru.

Sedangkan vaksin dosis kedua berperan sebagai booster atau meningkatkan kekuatan vaksin, sehingga antibodi yang telah terbentuk semakin kuat dan optimal.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan