Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juni 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Hari Pers Nasional, Media Diminta Sajikan Berita Yang Aktual, Faktual Dan Akuntabel

Topcareer.id – Di Acara Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang jatuh tanggal 9 Februari, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meminta agar insan media menyajikan berita yang aktual, faktual dan akuntabel.

Hal ini mengingat bahwa media berperan sebagai akselerator perubahan, sekaligus pilar demokrasi yang merupakan bagian dari wajah kebebasan pers.

“Saya tentu berharap, rekan-rekan pers beserta seluruh insan media yang terkait dapat semakin memperkuat komitmen kita bersama sekaligus memperluas peran media dalam membangun media massa yang aktual, faktual dan tidak kurang juga harus akuntabel,” ujar Menkominfo Johnny G. Plate, di Jakarta, Senin (8/2/2021).

Selain itu, dengan semakin berkembangnya teknologi, Menkominfo menuntut insan pers untuk merubah proses pemberitaan menjadi semakin ringkas dan semakin efisien. Karena hingga saat ini ada sekitar 6 juta masyarakat yang memilih untuk membaca berita melalui media online.

Jumlah ini jauh lebih tinggi dari pembaca di media cetak yang hanya 4,5 juta jiwa.

Bahkan, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Katadata dan Kominfo pada tahun 2020, media sosial adalah kanal informasi yang paling dipercaya masyarakat.

“Hal ini tentu perlu disikapi dengan bijak, meski digitalisasi membuat pers dan media melakukan perubahan dalam berbagai proses bisnis yang ada, jangan sampai semangat untuk terus memberitakan informasi yang aktual, faktual dan akuntabel menjadi berubah, jangan sampai,” tegasnya.

Sebagai penutup, Menkominfo mengingatkan bahwa kebangkitan media sosial sebagai media yang dipercaya masyarakat dapat memantik berbagai isu di masa depan, seperti permasalahan hak cipta, hak reproduksi konten atau disebut dengan publisher right.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan