Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, April 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Apakah Dua Masker Lebih Baik Dari Satu? Ini Penjelasannya

Pakai Masker (Foto: i-Stock)

Topcareer.id – Guna melindungi diri kamu dari varian virus corona baru, dua masker mungkin lebih baik dari satu.

Dokter, serta profesional kesehatan masyarakat, mengatakan perlindungan apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali.

“Jenis masker yang tepat adalah yang dikenakan secara konsisten di atas hidung dan mulut setiap kali kamu berada di ruang publik,” kata Dr. Matt Binnicker, Presiden Pan American Society for Clinical Virology. “Pada titik ini, kita harus lebih fokus pada pencapaian tujuan itu daripada memikirkan pemakaian masker ganda.”

Jika kamu memilih untuk melapisi masker kamu menjadi dua, berikut ini beberapa tips untuk dipertimbangkan.

Resiko lingkungan
Jenis dan jumlah masker yang kamu butuhkan akan bergantung pada tujuanmu, menurut Dr. Josh Schiffer, profesor di Fred Hutchinson Cancer Research Center.

“Sangat penting untuk memakai masker secara efektif dan konsisten saat berada di lingkungan berisiko tertinggi dengan penyebaran virus yang super,” katanya.

Schiffer merekomendasikan mengenakan masker kain saat berjalan-jalan dengan anjing peliharaan, dan meningkatkan ke KN95, N95, atau masker ganda saat pergi ke kantor, toko bahan makanan, atau klinik.

Material bahan
“Jika dikenakan dengan benar, semua masker akan efektif,” kata Lawrence Gostin, direktur Institut O’Neill untuk Hukum Kesehatan Nasional dan Global di Universitas Georgetown. Tapi bahan dan ukuran masker bisa membuat perbedaan yang lebih besar dari jumlah yang kamu kenakan.

“Masker ganda tidak jelas karena kami tidak tahu jenis bahan atau pemasangannya,” kata Gostin yang mencatat bahwa masker bedah dan KN95 bekerja jauh lebih baik.

Para ahli sepakat bahwa masker wajah yang efektif harus memiliki banyak lapisan. “Saat ini, CDC merekomendasikan untuk memakai satu masker wajah dengan dua hingga tiga lapisan,” kata Dr. Raed Dweik, ketua Institut Pernapasan Klinik Cleveland.

“Jika masker kamu sudah memiliki banyak lapisan, tidak perlu membuat masker ganda.”

Susunan masker
Saat memakai masker ganda, Dr. Charles Holmes, direktur Pusat Inovasi dalam Kesehatan Global di Universitas Georgetown, merekomendasikan untuk memakai masker yang paling efektif di bagian dalam. Misalnya, kamu harus memakai masker bedah di bagian luar masker KN95, atau masker kain di atas masker bedah.

“Masker terbaik adalah yang kamu pakai secara konsisten dan benar,” ujarnya.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan