Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, November 28, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

Pentingnya Business Intelligence dalam Perusahaan

Dok. Careernomiii

Topcareer.id – Dengan kemajuan teknologi, saat ini banyak perusahaan sudah mulai mengambil keputusan berdasarkan data agar lebih tepat dalam mencapai tujuannya.

Seorang Business Intelligence (BI) akan membantu perusahaan dalam menentukan arah dan strategi bisnis dari perusahaan.

Apa itu Business Intelligence?
Business Intelligence adalah proses memunculkan dan menganalisis data dalam suatu organisasi untuk membuat keputusan bisnis yang terinformasi. BI mencakup spektrum teknologi dan metode yang luas, mulai dari cara data diatur dan dianalisis, hingga cara temuan dilaporkan. BI digunakan untuk menjawab bagaimana kinerja bisnis di masa lalu dan mengapa hasil tersebut muncul.

Pelaksanaan strategi BI yang sukses membutuhkan organisasi yang kuat tentang bagaimana data digunakan dari awal hingga akhir:

  • Pengumpulan data
    BI perlu memahami di mana mereka dapat mengumpulkan data dari pengunjung dan pelanggan, dan bagaimana mereka dapat diatur menjadi formulir yang dapat dianalisis.
  • Penyimpanan data
    Data yang relevan dengan bisnis banyak dan seringkali cakupannya besar. Agar berguna, data tersebut harus disimpan di tempat yang dapat diandalkan oleh pemangku kepentingan data, seperti di database SQL. Solusi penyimpanan harus selalu up-to-date sehingga perusahaan dapat bertindak atas perubahan data dengan cepat.
  • Analisis data
    Inti dari BI difokuskan pada analitik deskriptif dan diagnostik, yang menjawab pertanyaan tentang di mana perusahaan sedang berada sekarang, dan mengapa keadaan seperti sekarang terjadi. Seorang BI harus memiliki tools yang bisa menarik data untuk melakukan jenis analisis yang berbeda.
  • Pelaporan data
    Semua data dan analisis tidak akan berguna jika tidak sampai ke pengambil keputusan dan pemangku kepentingan lainnya. BI harus menyampaikan data dan wawasan dengan cara yang membuat orang-orang yang kurang dapat dengan cepat memahami bisa mengerti menggunakannya untuk membuat keputusan.

Baca juga: Perbedaan Generalis dan Spesialis di Dunia Kerja

Bagaimana BI mendukung perusahaan?
Tujuan keseluruhan dari BI adalah untuk memungkinkan perusahaan membuat keputusan yang tepat. Perusahaan dengan strategi BI yang berfungsi akan memiliki data yang akurat, lengkap, dan teratur. BI dapat digunakan untuk menunjukkan pola historis dalam membantu pemangku kepentingan mengukur kesehatan organisasi mereka, memperingatkan mereka tentang masalah serta potensi peningkatan di perusahaan.

BI juga dapat membantu mengatur tim, membuat mereka mengetahui indikator kinerja utama (KPI). Kesadaran akan KPI dan membuat tim tetap selaras serta fokus pada tujuan mereka.

Beberapa cara BI yang dapat membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih cerdas dan berdasarkan data:

  • Identifikasi cara untuk meningkatkan keuntungan
  • Analisis perilaku pelanggan
  • Pembandingan data dengan pesaing
  • Pelacakan kinerja
  • Mengoptimalkan operasi
  • Prediksi kesuksesan
  • Tren pasar
  • Menemukan masalah

Mengapa BI penting?
Analis dapat memanfaatkan BI untuk memberikan kinerja dan tolok ukur pesaing untuk membuat organisasi berjalan lebih lancar dan lebih efisien. Analis juga dapat lebih mudah melihat tren pasar untuk meningkatkan penjualan atau pendapatan. Jika digunakan secara efektif, data yang benar dari BI akan dapat membantu segala hal.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan