Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, February 27, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

4 Strategi Manfaatkan Ranah Digital untuk Menonjol di Mata Perekrut

Ilustrasi.Ilustrasi.

Topcareer.id – Strategi penggunaan alat digital bisa membantumu menonjol di mata calon pemberi kerja. Apakagi saat ini sepenuhnya serba digital di mana sebagian besar dari kita terbiasa dengan gaya hidup menggulir media sosial. Alat digital seperti ini sangat bisa dimanfaatkan untuk mendapat pekerjaan.

Berikut adalah beberapa cara dalam menggunakan alat digital abad ke-21 ini untuk meningkatkan peluangmu dengan calon pemberi kerja, seperti dalam laman Ladders.

1. Manfaatkan platform digital untuk mempelajari keterampilan baru

Kita tidak lagi dibatasi pada ruang kelas yang ditembok batu bata. Kamu bisa belajar bahasa asing, mengejar sertifikat dengan harapan mengubah jalur karier, atau mempelajari lebih banyak pengetahuan mendalam di bidang minat, kamu selalu bisa menemukan platform yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Situs seperti Coursera dan Udemy menawarkan ribuan kursus dan sertifikat dengan berbagai durasi, dan diajarkan oleh profesor dari universitas ternama atau profesional berpengalaman dari perusahaan terkemuka.

2. Buat blog pribadi

Blog pribadi sebenarnya bisa sangat bermanfaat untuk karier. Kamu tidak hanya dapat meningkatkan keterampilan menulis, tetapi juga dapat menciptakan cara yang tidak mengganggu bagi calon pemberi kerja untuk mengenalmu.

Dapat meningkatkan keterampilan menulis

Kemampuan menulis sangat penting di dunia saat ini. Bahkan jika kamu seorang pemrogram komputer yang menulis kode sepanjang hari, kamu masih perlu menulis email untuk mengkomunikasikan idemu secara efektif. Memulai blog berdampak positif pada kemampuanmu menulis.

Baca juga: Mengenal Halo Effect, Pandangan Pertama Yang Mempengaruhi Semua Keputusanmu

Menciptakan peluang bagi perekrut untuk mengenalmu

Memiliki blog juga menunjukkan kepada dunia siapa dirimu Ini membuka pintu bagi perekrut untuk mengenalmu sebelum bertemu langsung denganmu. Eksposur sederhana ini bisa menjadi alat yang ampuh yang membantu membangun koneksi dan rasa keakraban dengan calon pemberi kerja.

3. Memiliki situs web pribadi

Kamu juga dapat membuat situs web yang menampilkan karya terbaikmu. Buat portofolio online di situs web pribadimu. Menjalankan situs web membutuhkan dedikasi dan ketekunan, kualitas yang disukai pemberi kerja pada karyawan mereka. Mirip dengan blog, situs web pribadimu juga dapat menunjukkan kepada pemberi kerja siapa dirimu di luar pekerjaan.

4. Gunakan media sosial untuk membangun jaringan profesionalmu

Hampir setiap orang saat ini bermain media sosial. Media sosial ada untuk menghubungkan orang, jadi mengapa tidak menggunakannya untuk membangun jaringan profesionalmu? Melalui koneksi online, kamu dapat memperoleh akses ke informasi berharga yang tidak akan kamu ketahui sebaliknya.**(Feb)

Leave a Reply