Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, Agustus 1, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Makanan dan Minuman yang Baik untuk Redakan GERD

Topcareer.id – Penyakit Gastroesophageal Reflux (GERD) terjadi ketika asam lambung terlalu sering mengalir kembali ke saluran kerongkongan dan ini dapat mengiritasi lapisan esofagus.

Banyak orang mengalami refluks asam dari waktu ke waktu. GERD adalah refluks asam ringan yang terjadi setidaknya dua kali seminggu, atau refluks asam sedang hingga parah yang terjadi setidaknya sekali seminggu.

GERD dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup dan obat-obatan yang dijual bebas. Tetapi beberapa orang cukup dengan mengontrol apa saja yang mereka bisa makan dan menghindari makanan pemicu GERD.

Baca Juga: Yuk, Kenali Gejala Penyakit Asam Lambung (GERD) dan Cara Atasinya

Berikut ini jenis makanan yang bisa meredakan GERD dan makanan yang sebaiknya dihindari agar GERD tidak kumat.

Bagian pertama dari artikel:

Makanan yang dapat membantu mengurangi gejala GERD, antara lain:

1) Sayuran
Sayuran secara alami rendah lemak dan gula, dan membantu mengurangi asam lambung. Pilihan sayuran yang baik termasuk kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran hijau, kentang, dan mentimun.

2) Jahe
Jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami, dan merupakan pengobatan alami untuk mulas dan masalah pencernaan lainnya. Tambahkan jahe parut atau irisan ke dalam resep makanan atau minum teh jahe.

3) Oatmeal
Oatmeal cukup favorit untuk dijadikan sarapan, mengandung biji-bijian utuh dan sumber serat yang sangat baik. Diet tinggi serat ini telah dikaitkan dengan risiko penurunan asam lambung yang lebih rendah. Pilihan lainnya kamu bisa makan roti gandum atau nasi gandum.

4) Buah noncitrus
Buah noncitrus atau yang tidak mengandung asam seperti melon, pisang, apel, dan pir, cenderung tidak memicu gejala refluks GERD dibandingkan buah asam.

5) Daging dan seafood tanpa lemak
Daging tanpa lemak seperti dada ayam, ikan, dan makanan laut rendah lemak bisa mengurangi gejala refluks asam lambung. Cobalah masak dengan cara dipanggang atau direbus.

6) Putih telur
Putih telur adalah pilihan yang bagus. Hindari kuning telurnya yang tinggi lemak dan dapat memicu gejala GERD.

7) Lemak sehat
Sumber lemak sehat antara lain alpukat, kenari, biji rami, minyak zaitun, minyak wijen, dan minyak bunga matahari. Kurangi asupan lemak jenuh dan lemak trans, gantikan dengan lemak tak jenuh yang lebih sehat.**(RW)

Bersambung ke artikel kedua…..

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan