Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, August 7, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Yuk, Kenali Gejala Penyakit Asam Lambung (GERD) dan Cara Atasinya

Dok. LVHN News

Topcareer.id – Kamu merasa nyeri di dada seperti terbakar? Ada yang langsung panik, jangan-jangan gejala serangan jantung. Memang mirip. Namun bisa jadi yang menyerang adalah penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD).

GERD merupakan suatu kondisi kronis di mana asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan kamu. Tidak jarang terjadi refluks asam pada suatu waktu, tetapi jika refluks asam yang terjadi setidaknya dua kali seminggu dianggap GERD.

Sebenarnya bagaimana seseorang bisa terserang GERD?

Kecemasan merupakan respons alami tubuh terhadap stres, tetapi kecemasan berat atau kecemasan yang berlangsung setiap saat akan sangat mengganggu, baik saat bekerja maupun tidak.

Baca juga: Kurangnya Aktivitas Fisik Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Keduanya mungkin tampak tidak berhubungan, tetapi para peneliti percaya ada hubungan antara GERD dan kecemasan. Ada beberapa kondisi tertentu yang dapat meningkatkan risiko GERD, seperti Kegemukan, hernia hiatal, perut sering dibiarkan kosong, dan kehamilan.

Faktor gaya hidup tertentu dapat memperburuk GERD, termasuk kebiasaan bekerja overtime yang membuat sering lupa waktu makan, terlalu banyak makan, berbaring sambil makan atau berbaring setelah makan. Stres yang terkait erat dengan kecemasan juga diketahui memperburuk GERD.

Sebuah studi pada 2015 Trusted Source menemukan bahwa kecemasan dan depresi meningkatkan risiko GERD, dan studi lain Trusted Source telah menemukan bahwa efek negatif GERD pada hidup meningkatkan kecemasan dan depresi. Namun tidak ada bukti ilmiah yang secara positif menghubungkan kecemasan dengan peningkatan asam lambung.

Baca juga: Bicara Sendiri Bukan Tanda Gila, Tapi Ada Self-Talk Positif dan Negatif

Namun, beberapa penelitian telah menemukan bahwa kecemasan tampaknya meningkatkan gejala yang terkait dengan GERD, seperti mulas dan nyeri perut bagian atas. Diyakini bahwa kecemasan dapat membuat kamu lebih sensitif terhadap rasa sakit dan gejala GERD lainnya. Dan hal ini akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari kamu terutama saat sedang bekerja.

Halaman berikutnya, gejala, pengobatan GERD dan kecemasan –>

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply