Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Mei 28, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Sering Dikira Sama, Ini Bedanya Jurusan Informatika, Teknik Komputer, dan Sistem Informasi

Sumber foto: freepik.com

Topcareer.id – Saat ini banyak lulusan SMA yang berminat untuk menlanjutkan kuliah dengan rumpun keilmuan teknologi informasi dan komunikasi.

Namun rumpun tersebut terbagi lagi menjadi tiga jurusan yakni Sistem Informasi, Informatika dan Teknik Komputer. Nah, meski terlihat sama, ternya ketiga jurusan itu berbeda lho.

Dilansir dari its.ac.id pada Rabu (25/2/2021), Ketua Program Studi S1 Sistem Informasi ITS, Nisfu Asrul Sani mengatakan bahwa perbedaan mendasar dapat diketahui dari definisi ketiga disiplin kelimuan tersebut.

“Sistem Informasi adalah disiplin ilmu yang berfokus pada pengolahan informasi dalam pengembangan proses bisnis agar menjadi suatu sistem yang efektif dan efisien. Jurusan ini mempelajari sedikit perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Namun, memiliki kelebihan dalam manajemen sistem, yakni dari perancangan, penggunaan serta evaluasi,” ujar Nisfu.

Berbeda dengan Sisten Informasi, jurusan Informatika adalah disiplin ilmu yang berfokus pada pengembangan sistem berbasis komputer dengan segala kemampuan pemrograman, kecerdasan buatan, dan jaringan komputernya. Sehingga berfokus belajar mengenai bagaimana mengoptimalkan kinerja subsistem.

Baca juga: Dari 7 Hari, Cuti Bersama Tahun Ini Tinggal Tersisa 2 Hari

“Untuk melakukan optimalisasi dan rekayasa subsistem dibutuhkan kemampuan pemrograman yang kuat,” tambahnya.

Sedangkan Teknik Komputer yang dulunya Departemen Teknik Multimedia dan Jaringan (TMJ) yakni disiplin ilmu yang mewujudkan ilmu pengetahuan dan teknologi mulai dari mendesain, membangun, mengimplementasikan, dan memelihara perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).

“Mahasiswa Teknik Komputer banyak belajar mengenai perangkat lunak dan keras. Lulusan Departemen Teknik Komputer bertugas menciptakan alat yang akan digunakan untuk berbagi informasi,” imbuhnya.

Menurut Nisfu, walaupun berbeda, tetapi ketiga jurusan tersebut memiliki peran yang seimbang dalam perkembangan teknologi informasi.

“Jelas ketiga departemen ini memiliki spesifikasi berbeda namun lulusannya tentu akan berkompetisi dan berkolaborasi pada ranah yang sama, bidang teknologi informasi,” tutupnya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan