Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Oktober 26, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

10 Pilihan Terbaik untuk Sarapan (Bagian 1)

Sumber foto: Halodoc

Topcareer.id – Kamu mungkin sering mendengar seseorang atau pesan di media sosial yang mengatakan sarapan tidak perlu bagi semua orang.

Faktanya, melewatkan sarapan mungkin bisa lebih baik daripada mengonsumsi makanan sarapan yang tidak sehat.

Tetapi, sarapan bergizi dan seimbang tentunya bisa memberi kamu energi terbaik dan mencegah kamu makan berlebihan sepanjang hari.

Nah, berikut 10 makanan terbaik yang bisa kamu santap di pagi hari.

Bagian pertama dari artikel:

1) Telur
Penelitian menunjukkan makan telur saat sarapan meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi asupan kalori pada waktu makan berikutnya dan membantu menjaga kestabilan gula darah serta kadar insulin. Kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin.

Antioksidan ini membantu mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula. Telur juga merupakan salah satu sumber kolin terbaik, nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan otak dan hati. Meskipun tinggi kolesterol, telur tidak meningkatkan kadar kolesterol jika kamu memasaknya setengah matang.

2) Greek Yoghurt
Memiliki rasa lembut, lezat dan bergizi. Dibuat dengan menyaring whey dan cairan lain dari dadih susu sehingga menghasilkan yogurt lembut. Mengurangi rasa lapar dan memiliki efek termal lebih tinggi daripada lemak atau karbohidrat.

Bisa membantu mengontrol berat badan karena meningkatkan kadar hormon yang meningkatkan rasa kenyang. Greek yoghurt mengandung asam linoleat terkonjugasi (CLA) untuk menurunkan risiko kanker payudara. Jenis yoghurt ini merupakan sumber probiotik yang baik seperti Bifidobacteria, yang membantu usus tetap sehat.

Baca juga: Menaker Bakal Kumpulkan 500 Ribu Orang Yang Mau Bekerja Di Sektor Pariwisata

3) Kopi
Kopi adalah minuman yang luar biasa untuk memulai harimu. Minuman tinggi kafein ini telah terbukti bisa meningkatkan suasana hati, kewaspadaan, dan kinerja mental. Analisis dari 41 studi menemukan dosis yang paling efektif yakni 38-400 mg kopi per hari untuk memaksimalkan manfaat kafein sekaligus mengurangi efek sampingnya. Kafein juga telah terbukti meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran lemak. Selain itu juga kaya antioksidan yang mengurangi peradangan, melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah dan mengurangi risiko diabetes serta penyakit hati.

4) Oatmeal
Terbuat dari gandum giling dan mengandung serat unik yang disebut oat beta-glukan. Serat ini memiliki banyak manfaat kesehatan yang mengesankan, termasuk mengurangi kolesterol. Beta-glukan oat adalah serat kental yang meningkatkan perasaan kenyang. Oat juga kaya akan antioksidan, yang melindungi asam lemaknya agar tidak tengik. Antioksidan ini juga bermanfaat bagi kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. Untuk meningkatkan kandungan protein pada sarapan oatmeal, siapkan dengan susu sebagai pengganti air atau sajikan dengan telur atau sepotong keju.

5) Berries
Ragam buah berry rasanya lezat kaya akan antioksidan disebut antosianin yang bisa melindungi kesehatan jantung. Jenis yang populer termasuk blueberry, raspberry, strawberry, dan blackberry. Mereka lebih rendah gula daripada kebanyakan buah lain, namun lebih tinggi serat. Satu cangkir (190 gram) berry hanya mengandung 50–85 kalori. Buah berry terbukti mengurangi peradangan, mencegah kolesterol darah dari oksidasi dan menjaga sel-sel yang melapisi pembuluh darah tetap sehat.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan