Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, April 12, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kapan Waktu yang Tepat Berkunjung ke Psikolog? (Bagian 1)

Topcareer.id – Selesai masalah yang satu, datang lagi masalah yang lain. Hidup rasanya jarang tanpa tantangan. Ketika sudah merasa ‘berat’, mungkinkah saatnya mendapatkan bantuan untuk mengunjungi psikolog?

Penting bagi kita untuk mengetahui bahwa bantuan tersedia untuk setiap masalah yang dihadapi kehidupan. Pelajari tentang alasan umum orang berkunjung ke psikolog, melansir dari laman Healthline.

1. Kehilangan

Kematian adalah bagian hidup yang tidak bisa dihindari, tapi itu tidak membuatnya lebih mudah untuk dihadapi. Setiap orang menangani kehilangan orang yang dicintai – apakah itu orang tua atau hewan peliharaan – secara berbeda.

“Berduka secara terbuka atau pribadi adalah hal biasa, tetapi menghindari kenyataan kehilangan dapat menyebabkan masalah yang berlarut-larut,” tulis Healthline. Seorang psikolog dapat membantumu menemukan cara yang tepat untuk menghadapi kematian seseorang yang dekat denganmu.

2. Stres dan kecemasan

Beberapa aspek kehidupan memang membuat stres, dan banyak situasi – mulai dari wawancara kerja hingga masalah hubungan – dapat membuatmu berujung pada perasaan cemas. Stres dan kecemasan, jika dibiarkan semakin parah, dapat menyebabkan isolasi sosial, depresi, dan banyak masalah lainnya.

Baca juga: 5 Fakta Konsumsi Gula Berkaitan Dengan Deperesi

“Seorang psikolog dapat membantmu mengelola stres dan kecemasan dengan menemukan sumber atau penyebab masalahmu, serta cara yang tepat untuk mengatasinya.”

3. Depresi

Perasaan tidak berdaya atau putus asa yang berlebihan adalah tanda-tanda umum depresi. Sementara beberapa orang percaya bahwa bisa “keluar” dari depresi, itu jarang terjadi.

“Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang umum terjadi di mana orang kehilangan minat pada berbagai hal, mengalami kelelahan, dan sering mengalami masalah dalam mengelola emosi mereka.”

Psikolog dapat membantumu menemukan sumber depresi – seringkali merupakan langkah pertama untuk merasa lebih baik, bersamaan dengan menolongmu dari pikiran negatif.

4. Fobia

Rasa takut akan ketinggian dan laba-laba adalah fobia yang umum, tetapi beberapa ketakutan yang tidak biasa dan tidak berdasar dapat menciptakan masalah yang substansial dalam hidup. Misalnya, sitophobia (takut makan) dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Psikolog yang berpengalaman dapat membantumu mulai mengatasi ketakutan sehingga kamu dapat hidup tanpa polifobia (takut banyak hal) atau phobophobia.

5. Masalah keluarga dan hubungan

Hubungan, baik keluarga, pribadi, atau terkait pekerjaan, mengalami pasang surut. Meskipun hubungan dapat menjadi salah satu hal terbaik dalam hidup, hubungan juga dapat menjadi sumber stres dan masalah.

Berkonsultasi dengan psikolog, baik secara individu atau dalam kelompok, dapat membantu menghilangkan kerutan yang dapat terbentuk dalam hubungan terkuat sekalipun.

Leave a Reply