Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, April 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Sekolah

10 Universitas Tertua di Dunia, Ada yang Berusia Lebih dari 1.000 Tahun (Bagian 1)

Topcareer.id – Pusat pendidikan tinggi telah ada sejak ratusan tahun lalu dan bahkan ada yang sudah mulai dari ribuan tahun lalu.

Tidak semuanya dapat bertahan dalam ujian waktu. Selama berabad-abad, sudah banyak universitas tertua di dunia telah bubar, terpecah menjadi perguruan tinggi otonom, atau menjadi modern tanpa bisa dikenali.

Namun ada beberapa institusi kuno yang hingga sekarang membuktikan kemampuan mereka untuk beradaptasi dengan konteks modern dan tetap relevan dalam dunia global meskipun ada persaingan yang ketat.

Baca Juga: Daftar 20 Peringkat Universitas di Indonesia Menurut UniRank

Berikut ini 10 universitas tertua di dunia, yang semuanya masuk dalam salah satu peringkat QS World University Rankings.

Bagian pertama dari artikel:

1) Universitas Al-Azhar
Lokasi: Mesir
Didirikan tahun: 970

Didirikan pada awal 970 di Kairo, Mesir. Awalnya sebuah ‘madrasah’, mengajar siswa dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, Universitas Al-Azhar pertama kali dikenal sebagai pusat pembelajaran Islam tetapi sejak itu mengembangkan kurikulum modern mata pelajaran sekuler dan memastikan kelangsungan hidupnya. Saat ini, Universitas Al-Azhar berada di peringkat 51-60 dalam QS Arab Region University Rankings 2021. Selain studi tradisional, sekolah ini juga menawarkan program di bidang bisnis, ekonomi, sains, kedokteran, teknik, dan pertanian.

2) Universitas Bologna
Lokasi: Italia
Didirikan tahun: 1088

‘Nourishing Mother of the Studies’ menurut semboyan Latinnya, University of Bologna didirikan pada 1088 dan tidak pernah berhenti beroperasi hingga memasuki zaman sekarang yang relatif modern. Awalnya universitas hanya mengajarkan studi doktor, tetapi saat ini memiliki beragam program di semua tingkatan. Memiliki 87.760 siswa, dimana 6.400 di antaranya adalah siswa internasional. Alumni terkenalnya termasuk tiga paus, pengusaha besar dan beberapa politisi Italia. University of Bologna berada di peringkat 160th dalam QS World University Rankings® 2021.

3) Universitas Oxford
Lokasi: Inggris Raya
Didirikan tahun: 1096-1167

Dengan daftar alumni yang mencakup 28 Perdana Menteri Inggris, 20 Uskup Agung Canterbury, 27 penerima penghargaan Nobel, 50 pemenang Hadiah Nobel dan Sir Stephen Hawking, Universitas Oxford masih sangat dihormati seperti dulu. Saat ini Oxford berada di peringkat kelima dunia, Universitas Oxford benar-benar salah satu universitas dengan peringkat tertinggi dan tertua di dunia, melayani 24.300 mahasiswa dan mengoperasikan pers universitas terbesar di dunia.

4) Universitas Salamanca
Lokasi: Spanyol
Didirikan tahun: 1134

Universitas Salamanca didirikan pada tahun 1134 dan diberi Piagam Kerajaan pada tahun 1218, menjadikannya sebagai institusi tertua di Spanyol. Terletak di sebelah barat Madrid, itu adalah institusi tempat Christopher Columbus membuat kasus untuk mendapatkan dukungan kerajaan bagi ekspedisinya di Hindia pada akhir abad ke-15. University of Salamanca berada di peringkat 601-650 dari QS World University Rankings 2021 dan melayani sekitar 26.746 mahasiswa di sembilan kampusnya.

5) Universitas Paris
Lokasi: Prancis
Didirikan tahun: 1160-1250

Didirikan antara tahun 1160 dan 1250 di ibu kota Prancis, Universitas Paris dikenal sebagai ‘la Sorbonne’ dan terkenal sebagai salah satu universitas pertama yang didirikan di Eropa. Saat ini, Universitas Paris tersebar di seluruh kota dan dibagi menjadi 13 lembaga otonom pada tahun 1970. Dari 13 ini, peringkat tertinggi adalah Universitas Sorbonne (penggabungan baru Universitas Paris-Sorbonne dan Universitas Pierre dan Marie Curie, peringkat 83 di dunia) dan Université Paris 1 Panthéon-Sorbonne (gabungan menduduki peringkat ke-287 dunia) QS World University Rankings 2021.**(RW)

Artikel ini bersambung ke bagian ke-2……

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan