Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, April 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Sekolah

10 Universitas Tertua di Dunia, Ada yang Berusia Lebih dari 1.000 Tahun (Bagian 2)

Topcareer.id – Pusat pendidikan tinggi telah ada sejak ratusan tahun lalu dan bahkan ada yang sudah mulai dari ribuan tahun lalu.

Tidak semuanya dapat bertahan dalam ujian waktu. Selama berabad-abad, sudah banyak universitas tertua di dunia telah bubar, terpecah menjadi perguruan tinggi otonom, atau menjadi modern tanpa bisa dikenali.

Namun ada beberapa institusi kuno yang hingga sekarang membuktikan kemampuan mereka untuk beradaptasi dengan konteks modern dan tetap relevan dalam dunia global meskipun ada persaingan yang ketat.

Baca Juga: Universitas Ini Paling Banyak Lahirkan Miliarder

Berikut ini 10 universitas tertua di dunia, yang semuanya masuk dalam salah satu peringkat QS World University Rankings.

Bagian kedua dari artikel:


6) Universitas Cambridge
Lokasi: Inggris
Didirikan tahun: 1209

Didirikan pada 1209 oleh sekelompok sarjana yang meninggalkan Universitas Oxford karena konflik politik, Universitas Cambridge sekarang berada di peringkat ketujuh di dunia QS World University Rankings 2021. Berbagi banyak tradisi yang sama, Oxford dan Cambridge mempertahankan rasa persaingan yang sehat, dan yang menjadi puncaknya adalah acara Boat Race tahunan yang terkenal. Cambridge memiliki sekitar 23.247 siswa, 5.340 di antaranya berasal dari luar Uni Eropa.

7) Universitas Padua
Lokasi: Italia
Didirikan tahun: 1222

Universitas Padua atau Università di Padova didirikan pada 1222 dan merupakan salah satu dari sejumlah universitas abad pertengahan di Italia yang masih beroperasi. Saat ini menempati peringkat ke-216 dalam peringkat dunia QS World University Rankings 2021, Università di Padova ini terkenal karena penelitian awal revolusionernya di bidang astronomi, hukum, kedokteran, dan filsafat. Sekarang tempat ini menampung sekitar 62.500 siswa di kota Padua, lokasi dari lakon terkenal William Shakespeare The Taming of the Shrew. Pada tahun 1545, Università di Padova mendirikan Kebun Raya Padova, yang sekarang menjadi salah satu taman akademis tertua di dunia.

8) Universitas Napoli Federico II
Lokasi: Italia
Didirikan tahun: 1224

Didirikan oleh Frederick II, kaisar Kekaisaran Romawi Suci, Universitas Napoli – Federico II terletak di Napoli, kota terbesar ketiga di Italia dan salah satu kota tertua yang masih terus dihuni manusia di dunia. University of Naples Federico II menduduki peringkat ke-392 di peringkat dunia. Universitas ini mengajar berbagai program kepada sekitar 80.000 mahasiswa. Di antara alumninya yang paling terkenal dalam sejarah adalah filsuf dan teolog Thomas Aquinas.

9) Universitas Siena
Lokasi: Italia
Didirikan tahun: 1240

Terletak di kota kecil Siena di wilayah Tuscany, Universitas Siena adalah salah satu universitas tertua di dunia dengan kedudukan global yang kuat, saat ini berada di peringkat 651-700 di dunia. Dengan jumlah mahasiswa lebih dari 20.000, kampus Universitas Siena terdiri dari hampir setengah dari seluruh populasi kota. Pusat kota itu sendiri telah dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dan dikunjungi setiap tahun oleh lebih dari 163.000 wisatawan yang datang untuk menikmati makanan, seni, museum, dan peninggalan abad pertengahan.

10) Universitas Coimbra
Lokasi: Portugal
Didirikan tahun: 1290

Meskipun awalnya didirikan di ibu kota Portugal pada tahun 1290, Universitas Coimbra yang kini berada di peringkat 431 dunia dipindahkan beberapa kali oleh raja-raja yang memerintah dan akhirnya berakhir di Coimbra, pusat kota terbesar ketiga di negara itu dan rumah bagi banyak orang Romawi. Dengan mahasiswa lebih dari 24.000, University of Coimbra telah melalui banyak reformasi radikal, dan selama beberapa dekade di abad ke-18 itu adalah satu-satunya universitas yang beroperasi di Portugal. Pada 2013, University of Coimbra ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO dengan bangunan bersejarah, halaman terbuka, tradisi budaya, dan pemandangan seluruh kota yang menakjubkan.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan