Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, April 22, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Siap-siap, Polisi Virtual bakal Awasi Netizen

(pixabay)

Topcareer.id – Saat ini para pengguna media sosial harus berhati-hati dalam bertutur kata. Pasalnya Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah membentuk Virtual Police yakni tim yang khusus mengawasi ruang digital agar bersih, sehat dan produktif.

“Melalui Virtual Police, kepolisian memberikan edukasi dan pemberitahuan bahwa apa yang ditulis ada melanggar pidana, mohon jangan ditulis kembali dan dihapus,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (24/2/2021).

Meski demikian, Argo menegaskan bahwa virtual police ini tidak membatasi masyarakat yang ingin bersuara di ruang digital. Melainkan hanya melakukan upaya edukasi jika ada potensi pelanggaran pidana dalam bermedia sosial.

“Berkaitan dengan virtual ini, saya rasa kita tidak mengekang ya. Kita tidak membatasi. Wong semua orang ngomong boleh, kok. Cuma, kalau mengarah pidana, gimana? Kita boleh enggak ngasih tahu? Kalau kita masih menerima, langsung tindak lanjuti boleh tidak? Kita kan ada upaya membuat edukasi,” jelasnya.

Diharapkan dengan munculnya virtual police ini dapat mengurangi berita hoaks yang kini bebas bertebaran di media sosial baik itu Instagram, Twitter, maupun Facebook.

“Diharapkan, dengan adanya virtual police, dapat mengurangi hoaks atau post truth yang ada di dunia maya. Masyarakat dapat terkoreksi apabila membuat suatu tulisan atau gambar yang dapat membuat orang lain tidak berkenan dan untuk menghindari adanya saling lapor,” pungkasnya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan