Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Oktober 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Dari Pandemi, COVID-19 Diramalkan jadi Endemi, Apa Bedanya?

Varian covid-19COVID-19.

Topcareer.id – Meskipun kasus kematian akibat COVID-19 menurun dan lebih banyak orang yang sembuh serta menerima vaksin, virus corona sepertinya tidak akan hilang dalam waktu dan akan menjadi endemi.

Pakar penyakit menular terkemuka dari Amerika Serikat Dr. Anthony Fauci menepis gagasan bahwa COVID-19 akan hilang dalam beberapa tahun ke depan.

“Kami perlu merencanakan bahwa ini adalah sesuatu yang mungkin perlu kami pertahankan secara kronis. Mungkin ada yang endemi, yang harus kita waspadai,” ujarnya.

Jadi, apa itu endemi dan pandemi? Apa bedanya? Mari mulai dengan definisi dasar:

Epidemi
Wabah penyakit yang menyerang sejumlah besar orang dalam suatu komunitas, populasi, atau wilayah.

Pandemi
Ini merupakan epidemi yang menyebar lebih luas di banyak negara atau benua di dunia.

Endemi
Penyakit yang dimiliki oleh komunitas atau negara tertentu.

Apa artinya endemi?
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mendefinisikan endemi sebagai “keberadaan konstan dan/atau prevalensi yang biasa” dari suatu penyakit dalam suatu populasi di wilayah geografis tertentu.

Endemi menyebar pada tingkat dasar setiap tahun tanpa menyebabkan gangguan besar pada kehidupan masyarakat, kata Dr. Donald Burke, profesor epidemiologi di Sekolah Pascasarjana Kesehatan Masyarakat Universitas Pittsburgh.

“Hal-hal yang endemi hadir dalam jangka waktu lama tanpa henti, terus beredar di masyarakat layaknya flu biasa,” ujarnya.

Suatu penyakit dapat menjadi endemik di satu negara tetapi dapat dianggap sebagai wabah atau epidemi di negara lain, jelas Dr. Pritish Tosh, seorang dokter dan peneliti penyakit menular di Mayo Clinic.

Tidak semua istilah penyakit menular dibuat sama, meskipun sering kali istilah tersebut salah digunakan secara bergantian.

Perbedaan antara kata “pandemi,” epidemi,” dan “endemi” seringkali kabur, bahkan oleh para ahli medis. Meskipun penggunaan kata-kata ini dalam percakapan mungkin tidak memerlukan definisi yang tepat, mengetahui perbedaannya penting untuk membantu kamu lebih memahami berita kesehatan masyarakat dan tanggapan kesehatan yang sesuai.

Cara sederhana untuk mengetahui perbedaan antara epidemi dan pandemi adalah dengan mengingat huruf “P” dalam pandemi, yang berarti pandemi memiliki Paspor untuk bisa pergi meluas hingga ke seluruh dunia. Pandemi adalah epidemi yang menyebar.

Lalu apa perbedaan antara epidemi dan endemi?
Epidemi menyebar secara aktif. Epidemi sering kali terlokalisasi di suatu wilayah, tetapi jumlah orang yang terinfeksi di wilayah itu jauh lebih tinggi daripada biasanya. Misalnya, ketika COVID-19 masih terbatas di Wuhan, Cina, itu adalah epidemi. Penyebaran geografis yang meluas ke seluruh dunia mengubahnya menjadi pandemi.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan