Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, September 28, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Varian Corona B117 Masuk Indonesia, Haruskah Upgrade Masker?

Dok/Yahoo

Topcareer.id – Kasus positif virus corona dengan mutasi baru dari Inggris B117 telah masuk ke Indonesia dan terkonfirmasi pada 2 Maret 2021. Virus ini dilaporkan lebih menular daripada varian sebelumnya. Mungkinkah perlu langkah antisipasi yang lebih ekstra, seperti upgrade penggunaan masker?

Para ahli mengatakan bahwa kita harus mempertimbangkan untuk menemukan masker dengan kualitas yang lebih baik, mengenakan dua masker sekaligus dan/atau memakainya lebih sering sebagai langkah mencegah tertular virus corona varian baru ini.

Faktanya, CDC merilis panduan baru yang mengatakan percobaan laboratorium telah menemukan dua masker yang berarti perlindungan dua kali lipat.

Para peneliti menemukan bahwa memakai satu masker – bedah atau kain – menghalangi sekitar 40 persen partikel yang masuk selama percobaan. Ketika masker kain dikenakan di atas masker bedah, sekitar 80 persen terblokir.

Kanada merekomendasikan penggunaan masker non-medis tiga lapis dengan lapisan filter untuk mencegah penyebaran virus, tetapi belum memperbarui rekomendasinya sejak November, sebelum munculnya varian baru.

Mengutip CBC News, Zain Chagla, seorang dokter penyakit menular di St Joseph’s Healthcare Hamilton, mengatakan bahwa sementara masker non-medis tiga lapis adalah “standar minimum” yang baik, orang Kanada harus memilih masker yang menawarkan perlindungan yang lebih baik bila memungkinkan.

Baca juga: Jika Dikumpulkan, Jumlah Virus Corona di Dunia setara dengan Sekaleng Soda

Itu termasuk masker bedah, yang satu langkah di bawah N95 dan KN95 dan hadir dalam tiga tingkat filtrasi berbeda yang ditentukan oleh American Society for Testing and Materials (ASTM).

Erin Bromage, seorang profesor biologi dan ahli imunologi di University of Massachusetts, Dartmouth, yang mempelajari penyakit menular, mengatakan bahwa masker yang tepat lebih penting daripada masa sebelumnya karena munculnya varian.

“Bukan masalah double masking yang memberikan perlindungan ekstra jika maskernya pas,” ujarnya. “Penutupan ganda membantu masker yang paling dekat dengan kulitmu lebih pas, yang berarti lebih banyak udara masuk melalui masker itu.”

Dia merekomendasikan untuk melihat diri sendiri di cermin sebelum kamu pergi keluar untuk memastikan maskermu tidak terlalu longgar.**(Feb)

Tinggalkan Balasan