Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Juni 18, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Varian Baru Virus Corona B117 dari Inggris Masuk ke Indonesia

virus corona

Topcareer.id – Di antara beberapa varian baru virus corona, jenis mutasi B117 yang berasal dari Inggris diyakini 70 persen lebih menular sudah masuk Indonesia.

Wakil Menteri Kesehatan RI dr Dante Saksono mengumumkan ada dua kasus varian Corona Inggris atau B117 yang ditemukan, dalam konferensi pers setahun pandemi Corona RI, Selasa (2/3/2021).

Kemenkes menemukan dua kasus varian baru corona Inggris dalam pemeriksaan terhadap 462 sample dengan metode Whole Genome Sequence (WGS).

Lima provinsi paling banyak diambil sampelnya yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga: Insinyur Ini Sukses Mendaur Ulang Sampah Plastik Menjadi Bata

Menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, kedua kasus varian baru virus corona Inggris yang masuk ke Indonesia ini terdeteksi dari Arab Saudi.

Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Subandrio mengungkapkan varian baru virus corona Inggris ini sebetulnya sudah ditemukan di Indonesia beberapa pekan lalu.

Lembaga tersebut bersama Kemenristek/BRIN dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan telah bekerjasama sejak tahun lalu untuk menemukan strain baru virus corona.

Menurut ahli epidemiologi Indonesia, varian B117 belum bisa dipastikan bakal mendominasi atau memicu lonjakan kasus COVID-19. Karena baru dua kasus yang ditemukan.

Masyarakat diimbau agar memperketat protokol COVID-19. Sebab, mutasi Corona B117 lebih mudah menular. Mobilitas sebaiknya dibatasi dan kedisplinan prokes ditingkatkan.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan