Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, April 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Tips Ajari Anak Membaca (Bagian 1)

Topcareer.id – Salah satu langkah besar dalam kehidupan anak adalah ketika mereka bisa membaca. Melihat bagaimana mereka mempelajarinya, adalah langkah besar yang pasti tak ingin kamu lewatkan.

Faktanya, bayi yang berumur 6 bulan sudah dapat membedakan antara bunyi bahasa ibunya dan bahasa asing. Pada umur 2 tahun, anak telah menguasai fonem-fonem asli yang cukup untuk menghasilkan 50+ kata secara teratur. Hebat ya?

Yabg pasti, antara usia 2-3 tahun, banyak anak-anak belajar mengenali beberapa huruf.

Ada sejumlah metode berbeda yang dapat kamu gunakan untuk mengajari mereka dalam membaca.

Dan berikut beberapa tips yang bisa kamu praktekan, seperti dilansir dari laman Read and Spell.

Jadikan kebiasaan
Buatlah suatu rutinitas membaca bersama anak. Misalnya membaca buku bersama di pagi atau sore hari. Kamu dapat mulai dengan membaca keras-keras, tetapi mintalah anak berpartisipasi dengan menggerakkan jari di sepanjang teks.

Pilih bacaan yang diminati anak
Perhatikan dengan seksama mengenai selera anak dalam memilih buku bacaan. Memilih bacaan yang sesuai dengan selera anak membuat anak lebih termotivasi untuk melakukannya bersama kamu.

Jangan pernah membandingkan
Setiap anak belajar membaca dengan caranya sendiri. Membaca adalah pengalaman pribadi yang mana seorang anak mendapatkan makna, dan belajar lebih banyak tentang bagaimana narasi bekerja, ketika ia mengembangkan keterampilan yang lebih kuat.

Membandingkan anak bukanlah cara yang tepat karena dapat menggangu psikologi anak. Sebaiknya jangan membiasakan diri sebagai orang tua yang suka membanding-bandingkan dengan temannya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan