Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Bank BUMN Satu Ini Masuk Daftar Perusahaan Kelas Dunia

bank bri jadi perusahaan publik paling bernilai

Topcareer.id – Dunia internasional mengapresiasi berbagai capaian BRI terutama berkaitan dengan core business-nya, yakni menggarap segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Kiprah salah satu BUMN ini diapresiasi oleh Forbes.

Forbes, salah satu majalah ekonomi terkemuka di dunia, mempublikasikan daftar perusahaan publik terbesar dengan tajuk Global 2000: The World’s Largest Public Companies. BRI menempati peringkat tertinggi diantaranya.

Ini menjadikan BRI menempati posisi tersebut untuk enam tahun berturut turut. Penghargaan ini merupakan salah satu apresiasi terhadap kinerja BRI dalam mendorong kemajuan UMKM yang berperan dalam menjaga roda perekonomian di Indonesia.

“Tantangannya sekarang adalah mencari sumber pertumbuhan baru. Strateginya yakni BRI akan fokus di dua area, pertama, yang eksisting kita naik kelaskan. Kedua, cari sumber pertumbuhan baru, yaitu mencari yang lebih kecil daripada mikro,” kata Direktur Utama BRI Sunarso, mengutip siaran pers, Kamis (4/3/2021).

Sunarso menambahkan, BRI juga akan terus melakukan edukasi untuk mendorong pelaku UMKM naik kelas, dari ultra mikro menjadi mikro, mikro menjadi kecil, kecil menjadi menengah dan seterusnya.

Ia menyebutkan supaya lebih fokus kepada UMKM, maka program yang paling pas yakni BRI harus terus melakukan gerakan financial inclusion.

Baca juga: Ini Merek Mobil Yang Dapat Relaksasi PPnBM

“Maka kemudian target sasaran kita adalah nanti 90% financial inclusion itu harus dikuasai oleh BRI dan itulah kemudian kita bangun ekosistemnya, strukturnya, sistemnya sendiri dan kemudian kita bangun data basenya.”

Seluruh penghargaan yang diterima BRI merupakan bukti komitmen nyata BRI mengambil peran penting di tengah perekonomian Indonesia. Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir BRI mendapatkan setidaknya 279 penghargaan dari berbagai kategori.

Salah satu penghargaan yang diterima BRI tahun 2020 lalu, yakni BRI menjadi perusahaan publik asal Indonesia dengan peringkat tertinggi dalam daftar Global 2000: The World’s Largest Public Companies yang dirilis majalah ekonomi terkemuka Forbes. Peringkat BRI di daftar tersebut ada di ranking 347 di antara seluruh perusahaan publik di seluruh dunia.

Pada Oktober 2020 lalu, BRI juga dinobatkan menjadi Indonesia’s Best Bank for SMEs 2020 dan Indonesia’s Best Bank for CSR 2020 oleh Asiamoney. Penghargaan tersebut diraih BRI karena berhasil menjalankan perannya sebagai perusahaan publik paling mendukung pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi Covid-19 melalui penyaluran CSR dan penyelamatan UMKM.

BRI juga berhasil menduduki peringkat ke-81 pemilik merek bernilai dari 500 bank terbaik di dunia. Posisi itu ditetapkan berdasarkan hasil riset yang diterbitkan Brand Finance: Banking 500 Tahun 2020, di mana valuasi merek Bank BRI ditaksir mencapai USD3,5 miliar. Ini menjadikan BRI sebagai bank dengan merek paling bernilai di Indonesia.**(Feb)

Leave a Reply