Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, April 18, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Ngeri Microsoft Tutup Kolom Komentar Instagram Usai ‘Diserang’ Nitizen RI

Topcareer.id – Microsoft tampaknya telah membuat netizen Indonesia marah setelah menobatkan mereka sebagai netizen paling tidak sopan se-Asia Tenggara.

Catatan tersebut menunjukkan Indonesia menduduki posisi terakhir dalam Asia Tenggara dalam Digital Civility Index (DCI).

Kontan saja netizen Indonesia menyerbu akun Instagram perusahaan teknologi itu sehingga Microsoft terdesak untuk menonaktifkan kolom komentarnya.

Ada tweet yang sedikit menyentil tentang hal ini dari akun @miarimiari yang telah menerima lebih dari 11.000 retweet dan 36.000 likes.

Baca Juga: Microsoft Siapkan Cara untuk Ngobrol dengan Orang yang Sudah Meninggal

“Microsoft ngasih gelar netizen Indonesia paling ga sopan seasteng. IG microsoft diserang netizen Indonesia. Kesimpulannya microsoft langsung terbukti. Keren.” bunyi tweet itu.

Di antara cemoohan yang diluncurkan untuk Microsoft termasuk seruan ofensif untuk memboikot perusahaan, sejumlah besar komentator Indonesia juga mengutuk rekan senegara mereka dengan mengatakan bahwa amarah yang mereka lakukan hanya memvalidasi studi Microsoft.

Microsoft sampai hari ini, Rabu (3/3/2021) masih mematikan bagian komentar di sejumlah posting terbaru mereka di Instagram.

Indonesia berada di peringkat terakhir dalam hal kesopanan online dalam survei DCI, yang telah dilakukan Microsoft sejak 2016 di banyak negara di seluruh dunia.

DCI bertujuan untuk mempromosikan interaksi online yang lebih aman, lebih sehat, dan lebih terhormat di antara semua orang. Untuk DCI edisi tahun ini, Microsoft mensurvei lebih dari 16.000 remaja dan dewasa di lebih dari 30 negara.

Sistem penilaian berkisar dari skala nol hingga 100, di mana skor yang lebih rendah berarti memiliki tingkat kesopanan online yang lebih baik. Dibandingkan dengan survei tahun lalu, Indonesia turun delapan poin menjadi 76 di DCI.

Negara tetangga Singapura mencetak skor terbaik di Asia Tenggara dan menempati urutan keempat secara global dalam indeks dengan 59 poin, diikuti oleh Malaysia dengan 63 poin, Thailand dengan 69 poin, dan Vietnam dengan 72 poin.

Lima negara teratas di dunia dengan skor kesopanan netizen terbaik adalah Belanda, Inggris, AS, Singapura, dan Taiwan.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan