Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, September 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ini 4 Kebiasaan Kecil yang Harus Dilakukan Pemimpin untuk Kembangkan Bisnis

Topcareer.id – Saat bekerja di industri apapun, hal yang membuat bisnis terus berkembang adalah perbedaan antara komitmen harian dan kebiasaan kecil dari para pemimpin.

Semua kebiasaan harian yang diciptakan pemimpin seharusnya tak hanya bertujuan untuk perkembangan bisnis, tetapi juga untuk membantu orang lain dalam timnya bergerak menuju potensi terbesar mereka.

Berikut ini 4 kebiasaan harian yang sebaiknya dilakukan para pemimpin untuk membantu bisnis terus berkembang.

1) Berkomitmen untuk mendengarkan
Mendengarkan adalah kekuatan super. Sangat penting untuk menerapkan kebiasaan mendengarkan aktif, terutama ketika memimpin tim individu. Semua orang di tim itu unik, dan preferensi komunikasinya juga demikian. Sebagai pemimpin, bagian dari tugasnya adalah mendengarkan dan mempelajari bagaimana anggota tim berkomunikasi, dan menyesuaikan gaya komunikasi agar sesuai dengan gaya komunikasi mereka. Sehingga bisa membuat setiap individu tergerak dan meningkatkan semangat mereka untuk menghasilkan kinerja terbaik.

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Introvert Mampu Jadi Pemimpin Hebat

2) Berkomitmen untuk belajar
Meluangkan waktu untuk memperdalam keahlian meskipun sudah menjadi pemimpin harus tetap menjadi praktik wajib. Informasi ada di mana-mana, teruslah membaca tentang peristiwa terkini, tren industri, ikuti rekan-rekan lain dan pemimpin lain untuk menemukan cara dan strategi untuk mencapai tujuan yang lebih baik. Jadwalkan waktu khusus untuk belajar dan meningkatkan keterampilan.

3) Berkomitmen pada sistem
Cara penting untuk menjadi lebih efektif dengan kemampuan pengambilan keputusan sebagai pemimpin adalah dengan menciptakan sistem yang fleksibel. Semakin pemimpin memahami mekanisme yang membuat bisnis berjalan lancar, maka semakin baik hal itu untuk memungkinkan pemimpin dalam melakukan iterasi pada sistem. Mulai dari cara merekrut, berbagi komunikasi internal, dan menyebarkan pesan eksternal, hingga cara menyusun seluruh organisasi, hampir semua hal dalam bisnis harus dimasukkan ke dalam sistem dan terus dioptimalkan. Dengan menjalankan proses tersebut, pemimpin akan dapat melacak dan menemukan inefisiensi dengan lebih baik. Sistem dapat memberdayakan pemimpin untuk berpikir jangka panjang dengan lebih efektif yang kemudian akan memungkinkan untuk membuat keputusan yang lebih tepat.

4) Berkomitmen pada diri sendiri
Pemimpin tidak akan dapat memimpin tim yang terdiri dari orang-orang yang bisa mengembangkan bisnis jika tidak peduli pada diri sendiri. Setiap orang perlu memastikan untuk melakukan hal-hal mendasar dengan baik. Temukan jumlah tidur optimal, jangan lewatkan sarapan, perhatikan postur tubuh di meja kerja sepanjang hari dan istirahatlah untuk kesehatan fisik dan mental. Sesering mungkin, berhentilah menjadwalkan rapat pada waktu menjelang selesainya hari kerja untuk mencegah kelelahan.

Komitmen kecil walau terlihat sepele namun itu penting dan bisa memberi dampak besar. Jika ingin menjadi pemimpin yang efektif dan sukses menjalani bisnis, mulailah dengan memimpin diri sendiri sebaik mungkin.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan