Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, April 19, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Tips Persiapan Sebelum Vaksinasi Covid-19 Menurut Pakar UGM

Ilustrasi suntik vaksin. Dok/ShutterstockIlustrasi suntik vaksin. Dok/Shutterstock

Topcareer.id – Program vaksinasi Covid-19 masih dilakukan terhadap masyarakat sejak Januari 2021 lalu. Pakar Virologi Universitas Gadjah Mada mengimbau kepada masyarakat yang hendak vaksinasi perlu memperhatikan sejumlah hal agar hasil vaksinasi optimal. Apa saja?

Pakar Virologi dan Imunologi dari UGM, dr. Mohamad Saifudin Hakim menyebutkan sebenarnya tidak ada persiapan khusus yang harus dilakukan menjelang vaksinasi Covid-19.

“Tidak ada persiapan spesifik yang mesti dilakukan dari sisi medis, misalnya harus konsumsi makanan, minuman, atau obat tertentu,” kata Dosen Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM ini, mengutip rilis UGM, Jumat (12/3/2021).

Namun, ia menyarankan sebelum pemberian vaksin masyarakat diharapkan memperhatikan sejumlah hal. Salah satunya dengan menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Yang pertama, konsumsi makanan yang bergizi dan seimbang.

Baca juga: 5 Alasan Terbaik Tetap Memakai Masker Meski Sudah Divaksinasi

Lalu yang kedua, istirahat yang cukup. Ia mengimbau untuk menghindari melakukan kegiatan berat yang mengakibatkan kelelahan sehingga saat menerima vaksin kondisi tubuh dalam keadaan prima.

Hakim juga menyampaikan konsumsi obat pereda nyeri tidak disarankan karena injeksi vaksin hanya menimbulkan nyeri yang ringan. Obat pereda nyeri hanya diberikan atas indikasi dokter pada kondisi tertentu.

Demikian pula dengan obat anti alergi tidak disarankan untuk dikonsumsi menjelang vaksinasi. Ia menerangkan bahwa sebelum divaksin petugas kesehatan akan melakukan skrining riwayat kesehatan termasuk alergi. Apabila ada riwayat alergi berat terhadap komponen vaksin, maka tidak akan diberikan vaksin Covid-19.

“Jangan lupa untuk tetap patuh menerapkan protokol kesehatan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, memghindari kerumunan, serta membatasi mobilitas,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan