Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, April 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Sekolah

10 Lembaga Penyedia Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri (Bagian 1)

Topcareer.id – Melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi setelah S1 bukan perkara mudah, tak hanya mempersiapkan mental, kamu juga perlu mempersiapkan biaya yang tidak sedikit.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa coba untuk mulai melirik lembaga-lembaga pemberi beasiswa S2 agar mimpi kamu untuk menyelesaikan pendidikan yang lebih tinggi bisa tercapai.

Baca Juga: Beasiswa Rp 650.000 per Bulan untuk Mahasiswa Aktif. Ini Syaratnya

Banyak lembaga yang kini menyediakan beasiswa S2, baik di dalam maupun luar negeri. Nah, berikut ini beberapa lembaga pemberi beasiswa S2 yang bisa kamu coba daftar.

Bagian pertama dari artikel:

1) Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi)
Dikti di bawah Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) memiliki beasiswa unggulan istimewa, yaitu Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU). Program ini merupakan salah satu terobosan untuk meningkatkan jumlah lulusan doktor sehingga memenuhi kualifikasi pendidikan dosen minimal S2.

2) AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation)
Bagi kamu yang tertarik melanjutkan kuliah S2 ke negeri Paman Sam namun terkendala biaya, lembaga pemberi beasiswa S2 ini cocok untuk kamu. AMINEF memberikan beasiswa Fulbright Master’s Degree Program untuk kamu yang ingin berkuliah S2 di Amerika Serikat. Selain itu, Fulbright Doctoral Degree Scholarship dan Fulbright Senior Research Scholarship juga tersedia untuk jenjang yang lebih tinggi (S3) dan riset post-doctoral.

3) Kedutaan besar Jepang di Indonesia
Ingin menjadi research student di Negeri Sakura? Beasiswa MEXT yang diberikan oleh pemerintah Jepang bisa menjadi salah satu alternatif. Selama menjalani masa research student, kamu diperkenankan melamar ke program S2 jika lulus seleksi tes ujian di perguruan tinggi yang bersangkutan. Beasiswa ini diberikan tanpa ikatan dinas serta mencakup 100% biaya kuliah, biaya tunjangan hidup, dan tiket pesawat pulang-pergi Indonesia-Jepang.

4) Chevening
Banyak perguruan tinggi ternama dunia terdapat di Inggris seperti University of Cambridge dan University of Oxford. Jika kamu berminat melanjutkan studi S2 di sana, pelajari terlebih dahulu lembaga pemberi beasiswa S2 Chevening. Ini merupakan beasiswa dari pemerintah Inggris yang didanai oleh Foreign and Commonwealth Office (FCO) dan organisasi mitra. Persiapkan diri semaksimal mungkin karena pesaing kamu untuk bisa mendapat beasiswa dari Chevening berasal dari seluruh dunia. Cek di situs resminya untuk mendapat informasi lebih lanjut, kamu juga bisa follow instagram resminya di @cheveningfcdo

5) Uni Eropa
Program Erasmus Mundus merupakan bantuan dana pendidikan bagi sarjana yang memenuhi syarat untuk mengikuti program tersebut di Eropa dalam jangka waktu 1-2 tahun. Beasiswa ini memberikan biaya sebesar 24.000 Euro per mahasiswa untuk program pendidikan 1 tahun yang meliputi biaya perjalanan biaya kuliah, tunjangan bulanan, akomodasi, dll. Sementara itu untuk jangka waktu dua tahun, biaya yang akan didapatkan sebesar 48.000 Euro. ***(RW)

Artikel bersambung ke bagian kedua…

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan