Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, April 19, 2021
redaksi@topcareer.id
Sekolah

10 Lembaga Penyedia Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri (Bagian 2)

Topcareer.id – Melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi setelah S1 bukan perkara mudah, tak hanya mempersiapkan mental, kamu juga perlu mempersiapkan biaya yang tidak sedikit.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa coba untuk mulai melirik lembaga-lembaga pemberi beasiswa S2 agar mimpi kamu untuk menyelesaikan pendidikan yang lebih tinggi bisa tercapai.

Baca Juga: Universitas Pertahanan Buka Beasiswa S1, Ini Syaratnya

Banyak lembaga yang kini menyediakan beasiswa S2, baik di dalam maupun luar negeri. Nah, berikut ini beberapa lembaga pemberi beasiswa S2 yang bisa kamu coba daftar.

Bagian kedua dari artikel:

6) Pemerintah Australia
Melalui kebijakannya, kamu dapat memilih beasiswa Australian Awards yang disediakan oleh pemerintah Negeri Kanguru ini. Beasiswa ini memiliki 3 jenis, yaitu beasiswa yang hanya meliputi uang kuliah, beasiswa yang hanya meliputi biaya hidup dan tempat tinggal, dan beasiswa yang menanggung biaya keseluruhan. Selain itu, ada juga Endeavour Postgraduate Scholarships. Masing-masing diberikan hingga maksimal 2 tahun dan 4 tahun.

7) Pemerintah Belanda
Belanda melalui Nuffic Neso menawarkan beasiswa StuNed yang meliputi uang kuliah sebesar maksimal €20.000 per tahun, biaya hidup bulanan, biaya perjalanan internasional dan lokal, serta biaya pendukung studi lainnya. Beasiswa ini diberikan kepada pelamar yang program studi dan area pekerjaaannya berkaitan dengan bidang-bidang prioritas kerjasama bilateral Indonesia-Belanda seperti perdagangan internasional, keuangan, dan ekonomi, transportasi, agrologistik, dan infrastruktur, keamanan dan penegakan hukum, serta agro-pangan dan hortikultura.

8) Pemerintah Prancis
Eiffel Excellence Scholarship Programme dari Kementerian Luar Negeri Prancis memberikan kesempatan untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah jenjang S2 di sana. Beasiswa termasuk tunjangan hidup bulanan, biaya perjalanan, asuransi kesehatan, dan tunjangan akomodasi.

9) DAAD (Jerman)
DAAD merupakan sebuah lembaga yang mengurus kerja sama di bidang akademik antar Jerman dan berbagai negara di seluruh dunia. Banyak program beasiswa dari jenjang S1, S2, hingga S3. Salah satunya ada beasiswa bagi kamu yang memiliki background di bidang arsitektur, musik, seni, dan desain, ada juga beasiswa khusus di jenjang S2 yang menawarkan biaya pendidikan, asuransi, dan biaya perjalanan dengan durasi 1 hingga 2 tahun.

10) LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)
LPDP berada di bawah naungan Kementerian Keuangan RI. Memiliki program unggulan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang banyak dicari anak muda yang ingin mendapat beasiswa untuk meraih gelar S2 baik di dalam maupun luar negeri. Beasiswa ini mencakup biaya pendidikan seperti pendaftaran, SPP, dan non-SPP (buku, seminar, dll). Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan biaya pendukung seperti transportasi, asuransi kesehatan, visa, biaya kedatangan, hingga biaya hidup bulanan.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan