Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, April 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ini Alasan Mengapa Orang Suka Menunda Mengerjakan Sesuatu

Topcareer.id – Kebiasaan menunda sering kali merusak kemampuan orang untuk berhasil mengejar tujuan mereka. Terlalu banyak menunda dikaitkan dengan menerima prestasi yang lebih buruk, baik dalam dunia kerja maupun di sekolah.

Selain itu, penundaan juga dikaitkan dengan berbagai masalah sekunder, seperti peningkatan stres dan kesehatan fisik, serta mental yang lebih buruk.

Mengapa orang suka menunda-nunda
Orang sering beranggapan bahwa penundaan hanyalah masalah kemauan, tetapi kenyataannya, situasinya jauh lebih kompleks dari itu.

Secara keseluruhan, orang menunda-nunda disebabkan karena pengendalian diri dan motivasi dirinya terhalang oleh faktor-faktor seperti kelelahan dan tidak adanya penghargaan untuk meningkatkan kesejahteraan dirinya.

Poin ini lebih besar daripada faktor-faktor negatif penyebab penundaan seperti kecemasan dan ketakutan akan kegagalan.

Berikut ini beberapa alasan mengapa orang suka melakukan penundaan:

Baca juga: Elon Musk Akan Lakukan Uji Coba Pemasangan Chip Pada Otak Manusia Tahun Ini

Tujuan abstrak
Orang lebih cenderung menunda-nunda ketika tujuan mereka tidak jelas atau abstrak, dibandingkan ketika tujuan mereka konkret dan didefinisikan dengan jelas.

Tidak adanya imbalan
Orang sering menunda-nunda tugas yang terkait dengan imbalan yang akan mereka terima setelah menyelesaikan tugas. Ketika mereka tidak bisa melihat imbalan di masa depan, maka mereka akan cenderung mengabaikan tugas dan menunda untuk mengerjakannya.

Fokus pada opsi masa depan
Orang terkadang menghindari melakukan tindakan di masa sekarang karena mereka berniat atau berharap untuk mengejar tindakan yang lebih menarik di masa depan. Pola pikir ini dapat menyebabkan penundaan jangka panjang.

Optimisme tentang masa depan
Orang terkadang menunda tugas karena mereka optimis tentang kemampuan mereka untuk menyelesaikan tugas tersebut di masa mendatang.

Keragu-raguan
Orang terkadang menunda-nunda karena mereka tidak dapat membuat keputusan tepat waktu. Ini bisa menjadi masalah seperti ketika seseorang tidak dapat memutuskan tindakan mana yang akan dilakukan.

Merasa kewalahan
Seringkali orang merasa terbebani dengan tugas yang harus mereka tangani. Perasaan kewalahan ini bisa jadi karena memiliki banyak tugas yang terus bertambah. Ketika ini terjadi, seseorang mungkin memutuskan untuk menghindari tugas yang dimaksud, atau mereka mungkin mencoba menanganinya namun akhirnya merasa lumpuh sebelum tugas tersebut berhasil diselesaikan.

Kegelisahan
Orang terkadang menunda-nunda karena merasa cemas dengan tugas yang harus mereka tangani.

Enggan mengerjakan tugas
Orang sering menunda-nunda karena mereka memang menolak tugas yang harus mereka lakukan.

Perfeksionis
Perfeksionisme dapat menyebabkan penundaan dalam beberapa cara, seperti membuat seseorang begitu takut membuat kesalahan sehingga mereka akhirnya tidak mengambil tindakan apa pun.

Takut umpan balik negatif
Penundaan terjadi juga bisa karena seseorang takut dievaluasi atau takut menerima umpan balik negatif dari orang lain atas apa yang sudah ia kerjakan.

Takut gagal
Orang sering menunda-nunda karena takut gagal dalam tugas yang harus mereka selesaikan.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan