Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, April 19, 2021
redaksi@topcareer.id
Sekolah

Jawab Kebutuhan Dunia Kerja, Kemendikbud Luncurkan Program SMK Pusat Keunggulan

Topcareer.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat ini telah meluncurkan program Merdeka Belajar SMK Pusat Keunggulan, dan akan didukung serta didampingi oleh banyak perguruan tinggi serta universitas di dalam negeri.

Program tersebut bertujuan menghasilkan lulusan SMK yang kompeten dan sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja.

“Perguruan tinggi dengan pengalaman dan rekam jejak yang baik, didorong ikut membantu mempercepat akses SMK untuk bermitra dengan dunia kerja, serta memperkuat perencanaan dan pengelolaan program. Program ini juga turut menjaga kesinambungan perguruan tinggi dan SMK dalam pengembangan kepakaran dan kompetensi keahlian serta jejaring.” Nadiem Makarim mengatakan dalam kanal youtube Kemendikbud yang disiarkan pada Rabu (17/3/2021).

Baca Juga: 8 Benefit Masuk Sekolah Vokasi yang Perlu Kamu Tahu!

Menurut Nadiem, bimbingan dari perguruan tinggi kepada SMK merupakan dukungan penting untuk kelancaran program SMK Pusat Keunggulan.

Perguruan tinggi yang akan memberikan dukungan dan bimbingannya kepada SMK Pusat Keunggulan antara lain: Politeknik Elektronik Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Batam, Politeknik ATMI Solo, Piliteknik Negeri Bandung, dan Politeknik Negeri Bengkalis.

Sementara itu banyak juga universitas yang sangat berkompeten dalam mendukung serta siap menjadi pendamping dalam program SMK Pusat Keunggulan seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor, Universitas Sebelas Maret, Universitas negeri Padang, Universitas Telkom, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Malang, serta lebih dari 100 perguruan tinggi lainnya.

“SMK Pusat Keunggulan merupakan terobosan komprehensif yang ditujukan untuk menjawab tantangan dalam rangka pembenahan kondisi SMK saat ini, agar semakin sejalan dengan kebutuhan dunia kerja,” Ujar Nadiem.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan