Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, April 12, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Wajib Tahu! Ini Ciri-ciri Khas Berita Hoaks

Foto Ilustrasi

Topcareer.id – Di era sekarang ini, mudah untuk kita menerima, bahkan menyebarkan sebuah informasi. Namun dalam waktu bersamaan, hal ini justru membuat berita bohong alias hoaks juga mudah berseliweran.

Oleh sebab itu, dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Dr. Jenny Ratna Suminar membocorkan bagaimana cara agar kita mengetahui apakah berita tersebut adalah fakta atau justru hoaks.

“Pertama, jika informasi itu berisi klaim bisa mengobati atau menyembuhkan penyakit serta diikuti dengan kalimat promotif yang bersifat anjuran. Klaim ini perlu ditelusuri kebenarannya dengan mencari bukti ilmiahnya,” ujarnya dikutip dari unpad.ac.id, Senin (22/3/2021).

Baca juga: Cara Jadi Audiolog dan Keterampilan yang Dibutuhkan

Kemudian, menurut Jenny apabila ada informasi yang berisikan ajakan untuk menyebarkan informasi tersebut lebih luas ke pengguna lainnya, bisa dipastikan informasi tersebut cenderung mengarah ke hoaks.

Dan cara terakhir adalah dengan memperhatikan sumber dari berita itu sendiri.

“Pengguna mesti berhati-hati akan kebenarannya. Ada sumber pun, pengguna juga mesti mengonfirmasi kebenarannya. Tidak jarang, banyak info yang mencantumkan nama dokter atau ilmuwan yang sebenarnya tidak ada sosoknya. Ternyata setelah dicek ke data di IDI, atau di Google, nama tersebut tidak ada. Ini bisa dipastikan hoaks,” tegasnya.

Dengan demikian, Jenny berharap akan banyak pengguna WhatsApp yang sadar dan mau menjadi penangkis hoaks. Hal ini membutuhkan peran serta generasi muda untuk membantu menyadarkan kelompok pengguna yang masih gagap informasi.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply