Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, April 19, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Pertahankan Karier di Tengah Pandemi

Ilustrasi. (dok. Safebee)

Topcareer.id – Tak hanya berdampak buruk pada kesehatan, virus corona juga telah mengakibatkan pandemi global yang secara tak langsung merombak ekonomi dan merubah pola hdup manusia.

Banyak perusahaan yang tak sanggup menghadapi masa sulit dan akhirnya terpaksa gulung tikar. Beberapa dari mereka juga terpaksa untuk mengurangi jumlah karyawan, atau bahkan memotong gaji, demi bisa bertahan hingga pandemi usai.

Lalu, sebagai karyawan yang sedang meniti karier, apa yang bisa kita lakukan untuk mempertahankan apa yang kita miliki?

Seperti dikutip dari New Times, berikut langkah-langkah yang bisa kamu coba.

Baca juga: Besaran Pesangon yang Diterima Pekerja Jika Terkena PHK

Terus beradaptasi
Ya, ini waktunya untuk mengesampingkan ego, lalu beradaptasi mengikuti segala kebijakan yang muncul. Beberapa dari kita mungkin mengalami perubahan cara kerja, yang tadinya di kantor, dan sekarang harus bekerja dari rumah atau WFH.

Nah, ketimbang mengeluh terus menerus, lebih baik beradaptasilah dengan itu. Pelajarilah beberapa kemampuan baru yang bisa membantumu untuk maksimal saat WFH. Kamu juga bisa mengatur waktu yang paling masuk akal untukmu, agar bisa tetap produktif meski ada banyak distraksi yang hadir saat kamu kerja dari rumah

Perbanyak skill
Diam di rumah berarti memiliki banyak waktu untuk memperbaharui skill yang kamu lakukan. Cobalah ikuti kursus atau seminar yang relevan dengan bidangmu, dan bisa dilakukan dari rumah dengan waktu yang fleksibel. Ingat, semakin naik kemampuanmu, maka kamu akan semakin percaya diri untuk bisa mempertahankan karier yang kamu miliki, bahkan mungkin mengembangkannya.

Jadilah pemimpin
Setidaknya untuk dirimu sendiri. Beranilah ambil tindakan ketika kamu menghadapi pilihan-pilihan yang menghambat kariermu. Jangan biarkan distraksi atau kebiasaan diperintah membuatmu tertinggal di belakang rekan-rekan yang lain.

Mengertilah bahwa komunikasi jarak jauh tak bisa memberikanmu pengarahan yang maksimal tentang apa yang harus kamu lakukan. Jadi, jangan menunggu diperintah atau ditegur.

Selalu upayakan langkah terbaik dalam menyelesaikan tugas-tugasmu, serta mengantarkan kreativitasmu menjadi sebuah karya yang membanggakan.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan