Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, Desember 5, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Kena PHK? Tenang dan Lakukan Langkah Ini

Dok/Davisanco.com

Topcareer.id – Kena PHK memang membuat frustasi. Bayangan akan kesulitan keuangan, beratnya mencari kerja baru bisa membuat kita down, dan bahkan depresi.

Namun, ada baiknya untuk menerima keadaan ini dengan strategi yang kuat, supaya kamu tidak terpuruk, dan bisa segera bangkit lagi.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan ketika mengalami situasi seperti ini? Seperti dikutip dari The Balance Careers, berikut langkah-langkah yang bisa kamu coba.

Pahami hakmu
Ketika di-PHK, cobalah pahami hak-hak yang bisa kamu dapatkan dari perusahaan tempatmu bekerja. Tanyakan gaji pesangon yang berhak kamu dapatkan, surat paklaring untuk mengurus BPJS Ketenagakerjaan, dan lain-lain.

Pastikan kamu telah mendapat semua hak kamu sebelum melangkah keluar dari sana.

Baca juga: Besaran Pesangon yang Diterima Pekerja Jika Terkena PHK

Pastikan asuransi kesehatanmu berjalan
Selain itu, pastikan juga peralihan BPJS Kesehatanmu dari penerima upah ke non penerima upah berjalan dengan baik. Jika kamu memiliki asuransi kesehatan, coba bicarakan bagaimana agar semuanya bisa tetap berjalan dengan kondisimu saat ini. Kesehatan itu penting, jadi jangan abaikan hal ini ya.

Pahami Kebutuhan dasarmu
Setelah kamu mendapatkan hakmu, cobalah mulai pikirkan apa saja yang menjadi kebutuhan dasarmu untuk bisa bertahan hingga kamu mendapat pekerjaan kembali.

Catat juga utang-utang yang kamu miliki, lalu upayakan adanya restrukturisasi, hingga kondisi keuanganmu stabil kembali.

Ingat, hindari membuang-buang uang untuk melepas stres yang kamu rasakan. Berbelanja, makan di restoran, dan lain-lain mungkin akan menyenangkanmu untuk sesaat, tapi membuatmu pusing di kemudian hari.

Minta tolong
Jangan ragu meminta tolong ke keluarga atau teman-teman terdekatmu. Kamu bisa menanyakan mereka apakah ada kerjaan sambilan yang bisa kamu kerjakan, atau meminta mereka merefensikanmu ke pekerjaan yang baru.

Mulailah cari kerja
Sebelum melakukan ini, pastikan kamu telah memberikan dirimu cukup waktu untuk bersedih dan memulihkan semangatmu. Ini penting agar saat kamu melamar kerja, kamu datang dengan semangat dan energi yang positif.

Ingat, kerja keras pasti akan berbuah manis. Jadi, jangan menyerah ya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan