Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, April 19, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

Jenis Profesi yang Ada di Industri Perhotelan (Bagian 2)

Dok. Hospitality Study

Topcareer.id – Bekerja di industri perhotelan bisa menyenangkan dan mengasyikkan, tergantung hotel dan posisi kamu di sana.

Ada banyak pekerjaan untuk dipilih di bidang perhotelan. Anggota staf hotel semuanya adalah bagian dari sebuah tim yang bekerja sama untuk memuaskan para tamu dan memastikan operasional hotel berjalan dengan lancar.

Secara umum, ada dua jenis pekerjaan hotel, yakni layanan tamu dan administrasi serta support. Banyak pekerjaan di industri perhotelan yang melibatkan tatap muka dengan pelanggan.

Tetapi ada juga pekerjaan di belakang layar yang mencakup posisi dalam penjualan, pemasaran, dan akuntansi.

Berikut ini jenis-jenis profesi yang ada di hotel.

Bagian kedua dari artikel:

Baca Juga: Bosan Kerja Di Rumah ? Work From Hotel bisa Jadi Solusi, Diskonnya Sampai 40% Lho!

Concierge
Concierge atau pramutamu memberikan pengalaman layanan pelanggan tingkat atas untuk tamu hotel. Pada hari-hari biasa, pramutamu akan menyambut beberapa tamu saat mereka memasuki gedung, mengonfirmasi pemesanan, menjawab dan mentransfer panggilan telepon, dan memberikan pengetahuan umum tentang detail dan kebijakan hotel.

Front desk receptionist
Resepsionis di meja depan adalah profesional layanan pelanggan yang merupakan titik kontak pertama untuk klien, pelanggan. Resepsionis bertanggung jawab untuk menyapa pelanggan, memproses dokumen awal, menyimpan catatan dan jadwal, dan menjawab telepon. Resepsionis meja depan harus ramah dan terorganisir dengan baik.

Night auditor
Seorang auditor malam bertindak sebagai akuntan untuk sebuah hotel selama shift malam. Mereka mengaudit semua transaksi keuangan dari hari itu dan bertanggung jawab untuk membalancing hasil kerja front office accounting serta membukukan hasil kerja / transaksi dengan membuat ringkasan laporan keuangan harian ke manajemen dan melakukan closing transaksi per hari.

Room attendant
Seorang petugas kamar melakukan pembersihan dan servis rutin kamar tamu hotel. Petugas kamar membersihkan dan mengatur semua area kamar tamu sesuai dengan standar yang ditetapkan, mencatat dan melaporkan ketidakkonsistenan atau kerusakan kepada housekeeping manager.

Hotel housekeeper
Adalah seorang profesional pembersihan yang dipekerjakan oleh sebuah hotel atau resor. Mereka bertanggung jawab untuk membersihkan kamar tamu secara teratur serta area umum, bekerja dengan cepat dan menyeluruh. Mereka harus ramah dan dapat dipercaya serta berorientasi pada detail dan mampu bekerja di bawah pengawasan. Mereka juga harus memiliki stamina fisik yang baik untuk pekerjaan ini.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan