Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Waspada, Mutasi Covid-19 India Disebut Bisa Menyebar ke Negara Lain

virus corona sub varian omicron

Topcareer.id – Dr. Kavita Patel, seorang anggota non-residen di Brookings Institution mengatakan, mutasi ganda dari varian Covid-19 yang ditemukan di India sangat memprihatinkan, bahkan dapat menyebar ke negara lain.

“Ini adalah sesuatu yang harus diperhatikan dengan sangat cermat, dan sesuatu yang tidak akan terbatas pada India. Itu adalah sesuatu yang mungkin akan kita lihat di seluruh dunia seperti varian lain,” kata dia, Senin (29/3/2021), mengutip laman CNBC.

Kementerian kesehatan India pekan lalu mengatakan bahwa varian dengan dua mutasi, yang dikenal sebagai E484Q dan L452R, ditemukan di negara itu. Mutasi bukanlah hal baru, tetapi varian di India membawa keduanya, sesuatu yang belum pernah terlihat pada varian lain.

Mutasi tersebut dapat membuat virus lebih menular dan lebih baik dalam menghindari pertahanan tubuh.

Baca juga: WHO Peringatkan Soal Vaksin Covid-19 Palsu, Potensi Bahaya Serius

“Yang pertama, mutasi ganda ini sangat serius. Kedua, mungkin hanya puncak gunung es dari apa yang kita khawatirkan di Asia,” kata Patel, yang juga mantan pejabat pemerintahan Obama.

Dia mengatakan mutasi dapat menyebabkan infeksi ulang karena sistem kekebalan tubuh tidak akan mengenalinya dan karena itu tidak dapat melawannya secara efektif.

Patel juga mengatakan dia akan prihatin tentang implikasi mutasi jika dia adalah seorang pejabat kesehatan Asia, dan akan memikirkan tentang bagaimana memberikan vaksin kepada sebanyak mungkin orang.

Pihak berwenang India mengatakan varian Covid, termasuk jenis mutasi ganda, belum terdeteksi dalam jumlah besar yang cukup untuk menjelaskan lonjakan infeksi baru.**(RW)

Leave a Reply