Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, April 19, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Cuti Orang Tua di Volvo 24 Minggu, Ngurus Anak di Rumah Tetap Digaji

Volvo Cars. Dok/TimesNow

Topcareer.id – Produsen mobil asal Swedia, Volvo Cars mengumumkan pada Selasa (30/3/2021), akan meningkatkan parental leave (cuti orangtua) untuk karyawannya secara global menjadi 24 minggu, baik itu untuk laki-laki maupun perempuan.

Program ini berlaku untuk karyawan, baik per jam maupun yang digaji, yang telah bekerja di Volvo setidaknya selama satu tahun memenuhi syarat untuk program “Family Bond” yang baru, menurut perusahaan itu.

Ini mencakup mereka yang menjadi orang tua melalui kelahiran, adopsi, pengasuhan permanen dan pengganti. Bahkan, orang tua non-kelahiran dari pasangan sesama jenis juga memenuhi syarat. Volvo menyiratkan, program tersebut mulai berlaku mulai 1 April 2021.

Karyawan akan dibayar 80% dari gaji pokok mereka secara default. Mereka dapat menggunakan waktu libur kerja selama tiga tahun pertama mengasuh anak baru. Karyawan Amerika Serikat juga memiliki opsi 19 minggu parental leave yang dibayar penuh dalam waktu 36 bulan setelah menjadi orang tua, menurut Volvo.

CEO Volvo Hakan Samuelsson mengatakan, kebijakan baru ini dimaksudkan untuk membantu perusahaan dalam akuisisi dan retensi bakat karena berfokus menjadi produsen kendaraan serba listrik pada tahun 2030.

“Ini sesuatu yang kami yakini untuk menetapkan standar baru dalam bisnis,” kata dia, mengutip CNBC.

“Kami melakukan ini, bukan untuk memperkenalkan beberapa manfaat baru yang menguntungkan kepada karyawan kami, kami melakukannya lebih karena menurut kami itu baik untuk perusahaan kami. Kami akan lebih menarik sebagai perusahaan. Ada kompetisi yang sedang berlangsung untuk mencari bakat.”

Samuelsson mengatakan bahwa program baru itu mampu menelan biaya dengan jumlah yang cukup besar. Dia berkata selama itu menciptakan manajemen yang lebih baik dan branding yang lebih kuat, itu pasti akan sepadan.

Program Volvo saat ini memungkinkan cuti enam minggu tetap digaji untuk digunakan pada tahun pertama menjadi orang tua, menurut perusahaan.

Program cuti orang tua baru Volvo termasuk yang paling komprehensif di industri otomotif. Misalnya, General Motors dan Stellantis menawarkan karyawan bergaji AS hingga 12 minggu cuti keluarga berbayar untuk orang tua baru, sementara Ford Motor menawarkan hingga delapan minggu.**(Feb)

Tinggalkan Balasan