Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, April 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Bukan Cuma Daging, Makanan Ini Bagus untuk Kesehatan Otot

Bayam

Topcareer.id – Makanan yang mengandung protein hewani seperti ayam dan daging selama ini memang dipercaya mampu membentuk kesehatan otot yang baik. Tapi, studi baru menemukan kelompok makanan lain yang berperan baik dalam perkembangan fungsi otot.

Sebuah studi yang baru saja dirilis oleh Edith Cowan University melaporkan sayuran berdaun hijau (selada, kangkung, bayam, kubis, dll) tampaknya berperan besar dalam menumbuhkan kesehatan dan fungsi otot yang ideal. Mereka merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya satu cangkir sayuran semacam itu per hari.

Di antara sekelompok peserta penelitian, mereka yang makan banyak sayuran berdaun hijau kaya nitrat menunjukkan fungsi otot tungkai bawah yang jauh lebih kuat daripada yang lain. Khususnya, penulis studi menjelaskan bahwa tidak masalah seberapa sering kamu berolahraga atau terlibat dalam latihan beban.

Makan lebih banyak sayuran berdaun hijau dan ototmu akan lebih sehat. Karena itu, tentu saja merupakan ide yang lebih baik untuk menggabungkan olahraga dan diet seimbang.

“Studi kami telah menunjukkan bahwa diet tinggi sayuran kaya nitrat dapat meningkatkan kekuatan ototmu terlepas dari aktivitas fisik apa pun,” kata Ketua Peneliti Dr. Marc Sim dari ECU’s Institute for Nutrition Research, mengutip Ladders.

“Namun demikian, untuk mengoptimalkan fungsi otot, kami mengusulkan bahwa diet seimbang yang kaya sayuran berdaun hijau yang dikombinasikan dengan olahraga teratur, termasuk latihan beban, adalah yang ideal.”

Meskipun temuan ini pasti dapat membantu individu yang berorientasi pada fisik, rekomendasi ini dapat lebih bermanfaat bagi seseorang yang belum pernah menginjakkan kaki di gym.

Baca juga: 7 Gaya Hidup Modern Yang Merusak Otak (Bagian 1)

Fungsi otot yang terganggu atau buruk dapat membuat seseorang berisiko lebih besar untuk jatuh, patah tulang, dan kecelakaan. Kesehatan otot juga sangat terkait dengan kekuatan tulang; Otot yang tidak sehat seringkali menyebabkan tulang lemah.

Terlepas dari apakah seseorang peduli dengan ukuran bisepnya atau tidak, temuan dan rekomendasi ini patut diingat. Data yang berkaitan dengan 3.759 warga Australia ini dikumpulkan selama 12 tahun diperiksa untuk penelitian tersebut.

Orang dewasa yang diteliti dengan asupan nitrat harian tertinggi menunjukkan kekuatan tungkai bawah 11% lebih kuat daripada mereka yang mengonsumsi kadar nitrat terendah. Orang yang makan banyak sayuran hijau juga cenderung berjalan hingga 4% lebih cepat daripada yang lain.

“Kita harus makan berbagai sayuran setiap hari, dengan setidaknya satu dari porsi sayuran berdaun hijau untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatan yang positif untuk sistem muskuloskeletal dan kardiovaskular,” jelas Dr. Sim.

“Lebih baik juga makan sayuran kaya nitrat sebagai bagian dari diet sehat daripada mengonsumsi suplemen. Sayuran berdaun hijau menyediakan berbagai macam vitamin dan mineral penting bagi kesehatan,” tambahnya.**(Feb)

Tinggalkan Balasan