Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Mei 14, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Fix, Puasa Ramadan 1442H Dimulai Hari Ini

RamadanRamadan

Topcareer.id – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) resmi menetapkan tangal 13 April 2021 menjadi awal ibadah puasa bulan Ramadan 1442H.

Hal ini ditentukan setelah Sidang Isbat yang dilakukan oleh Kementerian Agama, perwakilan Duta Besar negara sahabat, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Ketua Komisi VIII Yandri Susanto.

“Peserta Sidang Isbat secara mufakat bersepakat bahwa 1 Ramadan jatuh pada Selasa, 13 April 2021.” Tegas Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Senin (12/4/2021).

Menurut Menag, sidang tersebut dilakukan guna mendengarkan pelaporan hasil rukyat (pemantauan) hilal dan memperhatikan perhitungan hisab (astronomis).

Baca juga: Umat Islam Makan Kurma Saat Berbuka Puasa?

Dimana secara astronomis, pada hari pelaksanaan rukyat, 12 April 2021, saat matahari terbenam, posisi hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk. Berkisar antara 2 derajat 37 menit hingga 3 derajat dan 36 menit.

“Data astronomis (hisab) ini kemudian dikonfirmasi melalui rukyatul hilal yang dilakukan pada 88 titik di 34 provinsi di Indonesia,” tambahnya.

Kemudian, 13 petugas rukyat diketahui menyampaikan kesaksiannya di bawah sumpah hakim Pengadilan Agama setempat bahwa mereka melihat hilal.

Setelah mengetahui posisi hilal dan mendengar kesaksian petugas, maka seluruh peserta sidang isbat secara mufakat bersepakat bahwa 1 Ramadan 1442H, jatuh pada hari Selasa ini.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan