Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, Mei 16, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Mau Tes GeNose saat Puasa? Begini Syaratnya

GeNose. Dok/Pikiran RakyatGeNose. Dok/Pikiran Rakyat

Topcareer.id – Saat ini, tidak sedikit masyarakat yang tertarik menggunakan GeNose ketimbang tes pemeriksaan covid lainnya seperti Rapid Test Antigen ataupun PCR SWAB.

Selain tak menimbulkan rasa sakit, murahnya pemeriksaan dengan GeNose menjadi alasan mengapa orang-orang lebih memilih alat tes covid buatan anak bangsa ini.

Lalu, apakah layanan ini bisa kita pakai saat berpuasa?

Menurut Peneliti GeNose C19, dr. Dian Kesumapramudya, alat ini masih dapat ampuh untuk skrining Covid-19 saat puasa, namun dengan beberapa persyaratan tambahan.

Baca juga: Asyik, Lion Air Perluas Layanan Rapid Antigen Gratis

“Pemeriksaan GeNose dilakukan saat pagi hari hari maksimal 6 jam setelah sahur,” ujar Dian di Sleman pada Senin (12/4/2021).

Sebab, jika tes kita lakukan lebih dari 6 jam usai sahur, ada risiko peningkatan asam lambung. Hal ini takutnya dapat memengaruhi hasil pembacaan dari alat GeNose itu sendiri.

“Terkait peningkatan asam lambung ini sebenarnya bisa kita akali dengan berkumur. Tetapi tetap lebih baik jangan lebih dari 6 jam sesudah sahur pemeriksaannya,” ungkapnya.

Jika tidak memiliki waktu pada pagi hari, Dian juga menyarankan untuk melakukan pemeriksaan 1 jam setelah berbuka puasa. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya positif palsu.

Sebelumnya, masyarakat yang ingin menggunakan layanan ini untuk tidak makan, minum ataupun merokok. Kira-kira sekitar 30 menit hingga 60 menit sebelum pemeriksaan.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan