Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 17, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

BI: Kegiatan Dunia Usaha Triwulan I 2021 Meningkat

Bank Indonesia sediakan uang tunai ratusan triliun untuk Ramadan dan Idulfitri.Dok: Bank Indonesia

Topcareer.id – Bank Indonesia (BI) membeberkan hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mengindikasikan bahwa kegiatan dunia usaha meningkat pada triwulan I 2021. Hal ini tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT)[1] sebesar 4,50%, membaik dari -3,90% pada triwulan IV 2020.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono menyampaikan, peningkatan tersebut didorong oleh kinerja sejumlah sektor yang telah positif.

“Antara lain sektor Pertambangan dan Penggalian, sektor Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Kehutanan dan Perikanan, serta sektor Industri Pengolahan,” kata Erwin dalam keterangan tertulis resminya, Rabu (14/4/2021).

Responden menyatakan bahwa peningkatan kinerja sektor Pertambangan didorong oleh permintaan yang menguat.

Sedangkan sektor Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Kehutanan dan Perikanan ditopang oleh musim panen raya pada komoditas tanaman bahan makanan (tabama), sementara sektor Industri Pengolahan didorong oleh meningkatnya permintaan menjelang Ramadan dan Idulfitri.

Baca juga: Rekrutmen Contact Tracer Bagi Mahasiswa Masih Buka, Ini Syaratnya

“Sejalan dengan perkembangan kegiatan usaha, kapasitas produksi terpakai sebesar 73,38% pada triwulan I 2021, meningkat dari capaian pada triwulan sebelumnya sebesar 71,96%,” tambahnya.

Penggunaan tenaga kerja juga diindikasikan membaik meski masih dalam fase kontraksi, dengan kondisi keuangan dunia usaha dalam kondisi normal. Pada triwulan II 2021, responden memprakirakan kegiatan usaha akan makin menguat dengan SBT sebesar 18,87%.

Berdasarkan sektor ekonomi, peningkatan diprakirakan terjadi pada seluruh sektor ekonomi, terutama sektor Industri Pengolahan, sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran, serta sektor Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Kehutanan dan Perikanan

Leave a Reply